counter

200 pendaki upacara kemerdekaan di Rinjani

200 pendaki upacara kemerdekaan di Rinjani

Puncak Rinjani (ANTARA FOTO/Eka Fitriani)

Mataram (ANTARA News) - Sebanyak 200 pendaki dari sejumlah daerah di Indonesia laksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Republik Indonesia di Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat.

Kepala Pos Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sembalun, Lombok Timur, Zulfahri mengatakan, berdasarkan catatan yang ada ratusan pendaki tersebut berangkat menuju Rinjani sejak dua hari lalu, dalam rangka memperingati upacara HUT ke 69 kemerdekaan RI tahun 2014.

"Rata-rata para pendaki ini berstatus mahasiswa, umum dan kelompok pecinta alam yang ingin mengibarkan bendera merah putih di Rinjani," katanya saat dihubungi dari Mataram, Minggu.

Menurut dia, jika melihat dari daerah asal ujar Zulfahri, selain NTB mereka juga berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Malang, Surabaya, Makasar, Palembang, dan Sumatera.

Selain, pengunjung lokal di bulan Agustus ini, terdapat sejumlah wisatawan mancanegara yang melakukan pendakian ke Gunung Rinjani.

"Memang setiap tahun, Gunung Rinjani selalu ramai di kunjungi kelompok pecinta alam atau masyarakat umum yang ingin melaksanakan upacara proklamasi 17 Agustus di Rinjani," ucapnya.

Ia menyebutkan, sejak Januari sampai bulan Juli lalu saja angka pendakian ke Gunung Rinjani melalui dua pintu masuk Sembalun Lombok Timur dan Senaru Lombok Utara saja sudah mencapai 10 ribu orang lebih.

Para pengunjung tersebut, berasal dari berbagai daerah maupun mancanegara.

Bahkan, pihaknya memperkirakan, jumlah para pendaki ke Gunung Rinjani akan terus bertambah dan puncaknya pada bulan Agustus hingga September mendatang.

Total wisatawan yang berkunjung ke kawasan TNGR pada 2013 mencapai 10.200 orang. Dari jumlah itu, 40 persen adalah wisatawan mancanegara.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Sambut HUT RI, 500 motor curian dikembalikan tanpa syarat

Komentar