Bekasi (ANTARA News) - Sebanyak 6.834 jamaah calon haji asal Provinsi Banten mulai bergabung dalam embarkasi Jakarta-Bekasi, Jawa Barat, pada musim pemberangkatan tahun ini.

"Mulai tahun ini, jamaah calon haji asal Banten akan bergabung dengan kita di Bekasi sebelum diberangkatkan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi Abdul Rasyid di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, calhaj (calon haji) Banten yang akan ditampung di asrama Embarkasi Jakarta-Bekasi di Jalan Kemakmuran, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, terbagi atas 15 kelompok terbang (keloter).

"Total calhaj yang ditampung di Embarkasi Jakarta-Bekasi sebanyak 83 kloter, sebanyak 15 di antaranya berasal dari Banten," katanya.

Sebelumnya, jamaah calon haji asal Banten bergabung dengan embarkasi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Rasyid menambahkan, para calhaj akan mulai memasuki lingkungan embarkasi pada 31 Agustus 2014.

Jamaah haji asal Tasikmalaya akan menjadi jamaah haji perdana dari Jawa Barat yang akan masuk asrama.

"Pemberangkatan pertama jamaah haji dari Jawa Barat berjumlah keloter satu Kota Tasikmalaya pada 1 September 2014," katanya.

Sementara itu, jamaah calon haji asal Kota Bekasi diagendakan mulai masuk asrama pada 9 dan 10 September 2014 mendatang.

(KR-AFR/R010)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014