Kepala daerah se-Kalimantan deklarasi "Indonesia Bersih Sampah"

Balikpapan (ANTARA News) - Para bupati dan wali kota se-Kalimantan mendeklarasikan Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020 sebagai komitmen bersama untuk mengelola sampah.

Penandatanganan deklarasi disaksikan Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Manggar, Kota Balikpapan, Rabu.

"Perlu upaya bersama dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan perkotaan," kata Balthasar.

Kota Balikpapan dipilih sebagai lokasi pendeklarasian Indonesia Bersih Sampah 2020 se-Kalimantan merupakan bentuk penghargaan Kementerian Lingkungan Hidup terhadap komitmen dan kerjanya pemerintah kota.

Pencapaian Kota Balikpapan meraih penghargaan tertinggi dalam pengelolaan lingkungan perkotaan yaitu Anugerah Adipura Kencana dalam beberapa tahun terakhir dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi kota-kota lainnya.

Sebelumnya telah dilakukan deklarasi nasional untuk mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020 di Kota Surabaya pada Februari 2014. Deklarasi bertujuan memantapkan komitmen bersama kepala daerah, dunia usaha dan masyarakat guna memulai langkah nyata dalam 3R.

Kota-kota di Indonesia mengalami peningkatan tekanan terhadap kualitas lingkungan, seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi perkotaan.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya berbagai masalah lingkungan seperti jumlah timbulan sampah meningkat dan rendahnya tingkat pelayanan pengelolaan sampah.

Selain itu, persoalan-persoalan lingkungan perkotaan dapat mengganggu keberlanjutan pembangunan perkotaan dan kehidupan sosial masyarakat seperti terbatasnya ketersediaan air dan udara bersih serta lingkungan yang sehat.

(D016)

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Menko Maritim luncurkan aksi bersih dan pengelolaan sampah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar