Sebuah tim layaknya kehidupan, dan kehidupan senantiasa dinamis. Itu artinya tim tidak diam lantas diam, kami terus berusaha maju dan berkembang dari hari ke hari
Liverpool (ANTARA News) - Bagaimana idealnya seorang pemimpin bersikap dan berlaku di hadapan anak buah? Memberi contoh dan merespons setiap tantangan dengan memilih "bekerja bersama" ketimbang "bekerja sendiri-sendiri" sebagaimana ditunjukkan oleh dua manajer dari planet sepak bola Liga Inggris (Premier League).

Baik Roberto Martinez yang menukangi Everton maupun Arsene Wenger yang membesut Arsenal sama-sama mengapungkan kredo bahwa tidak ada yang tidak mungkin bila segalanya dikerjakan secara bersama-sama dengan disemangati oleh kepentingan bersama, bukan demi kepentingan diri sendiri.

Everton akan menghadapi Arsenal dalam laga pekan kedua Premier League musim kompetisi 2014/15 yang digelar di Goodison Park, pada Sabtu, atau Sabtu malam WIB, pukul 23.30 WIB. Duel keduanya bakal ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Baik Martinez maupun Wenger bukan model pemimpin yang tanpa modal strategi, atau berjalan sebagaimana biasanya (business as usual). Kedua pelatih itu tahu dan paham bahwa kemenangan hanya dapat diraih dengan kesungguhan hati dan kebulatan tekad.

Seorang komandan dituntut tahu seluk beluk medan pertempuran, dengan begitu paham menyusun strategi dengan cermat dan teliti.

Everton di bawah arahan Martinez secara reguler akan mengandalkan dan memainkan formasi 4-2-3-1 ketika bertanding di hadapan publik sendiri.

Romelu Lukaku yang memakai nomor punggung 10 menandai debutnya kali kedua, setelah membela negaranya di ajang Piala Dunia 2014 di Brasil. Operasi pergerakan Lukaku banyak kali ditopang oleh Steven Pienaar dan Leighton Baines.

Motor pergerakan dari lokomotif serangan Everton mengandalkan Gareth Barry dan James McCarthy. Sementara dwitunggal asal Irlandia yakni Seamus Coleman dan Darron Gibson siap tempur meladeni gempuran barisan depan Tim Meriam London.

"Saya mengharapkan dia (Coleman) dapat tampil di pekan ini. Darren Gibson tampil sungguhg baik di pekan ini, dan saya berharap performa terus meningkat di masa selanjutnya," kata Martinez sebagaimana dikutip dari laman Everton.

Everton menjamu Arsenal dengan bermodal hasil imbang 2-2 kontra klub promosi Leicester (16/8). Lukaku dan kawan-kawan tidak perneh mereguk kemenangan dalam drama lima laga uji coba pramusim. Tiga laga di antaranya berbuah kekalahan.

Arsenal dihadapkan kepada perjuangan tidak ringan. Setelah memetik kemenangan 2-1 atas Crystal Palace di pekan perdana musim ini (16/8). Olivier Giroud dan kawan-kawan bermain imbang tanpa gol melawan Besiktas di leg I babak play off Liga Champions (19/8).

Wenger juga perlu memutar otak untuk menemukan strategi jitu manakala menghadapi kewajiban manggung pada pertemuan kedua kontra Besiktas pada pertengahan pekan nanti (27/8).

Arsenal menyimpan memori kelam di benak terdalam. Balatentara Wenger tak mampu menaklukkan Everton di panggung liga dalam rotasi dua musim terakhir.

Pada musim 2012/13, kedua tim berbagi hasil imbang 1-1 dan 0-0. Musim lalu, pasukan Wenger kembali tertahan 1-1 di Emirates Stadium sebelum tumbang 0-3 di pertemua kedua. Arsenal kemudian mengobati luka dengan meraih kemenangan 4-1 atas Everton di panggung Piala FA.

Banyak pandit dari kawasan Inggris memprediksi bahwa trio asal Jerman, yakni Mesut Oezil, Per Mertesesacker, dan Lukas Podolski bakal turun berlaga melawan Everton. Hanya saja, The Gunners besar kemungkinan tidak diperkuat oleh kapten Mikel Arteta, bek Kieran Gibbs, dan Theo Walcott, karena masih dibekap cedera.

Arteta yang absen sekurang-kurangnya dalam dua pekan, lantas posisinya akan diisi oleh Mathieu Flamini. Kalau saja Wenger tidak memainkan Per Mertesesacker maka Calum Chambers bakal tampil. Besar kemungkinan Arsenal memeragakan formasi 4-2-3-1.

Komentar dua pelatih:

* Roberto Martinez (Everton):
"Penampilan dia (Lukaku) makin menunjukkan bahwa dia pesepak bola modern. Ia tahu bagaimana ia harus mencari posisi yang tepat."

"Dengan begitu, ia mampu beradaptasi dengan para pemain lain. Dengan begitu, boleh dibilang ia pantas menjadi salah satu striker terbaik di dunia."
 
Arsene Wenger (Arsenal):
"Sebuah tim layaknya kehidupan, dan kehidupan senantiasa dinamis. Itu artinya tim tidak diam lantas diam, kami terus berusaha maju dan berkembang dari hari ke hari."

"Kami punya sejumlah pemain muda bertalenta. Mereka tampil makin baik dari waktu ke waktu. Tim juga mampu meraih sukses, karena itu kami pantas optimistis dalam musim ini."

"Kami punya kesempatan meraih kemenangan dalam laga Sabtu nanti. Dengan begitu, menjadi bukti bahwa kami mengalami kemajuan dan kami makin kuat beberapa tahun belakangan ini."

"Pertandingan nanti bakal berlangsung menarik, karena Everton sebuah tim yang menunjukkan kesungguhan menjadi tim yang baik."

Data dan fakta:

Head-to-head:

* Bila Everton menelan kekalahan, The Toffees mencatat kekalahan pertama sejak keikutsertaan mereka kembali di Premier League pada Oktober 2011.
* Everton mencetak sekurang-kurangnya dua gol dalam enam laga kandang.
* Steven Naismith telah mencetak empat gol dan membuat dua assisst dalam sembilan penampilan di Premier League.
* The Gunners mampu mengukir enam kali menang sejak dikalahkan Everon pada April lalu.

Prakiraan susunan pemain:

* Everton (4-2-3-1):
Howard (penjaga gawang), Baines, Distin, Jagielka, Coleman, Piennar, Barry, McCarthy, Naismith, Lukaku, McGeady
Pemain cadangan:
Robies, Stones, Besic, Mirallas, Atsu, Osman, Alcaraz

* Arsenal (4-2-3-1):
Szczesny (penjaga gawang), Debuchy, Chambers, Koscielny, Monreal, Alexis, Wilshere, Flamini, Cazorla, Ramsey, Giroud
Pemain cadangan:
Martinez, Mertesacker, Oxlade-Chamberlain, Rosicky, Bellerin, Oezil, Sanogo

 Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Everton 0-2 Arsenal (22,48 persen)
* Everton 1-2 Arsenal (21,45 persen)
* Everton 1-3 Arsenal (13,42 persen)

Head-To-Head:

Liga Primer Inggris (EPL)
6 Apr 2014  Everton 3 - Arsenal 0     
8 Des 2013  Arsenal 1 - Everton 1     
17 Apr 2013 Arsenal 0 - Everton 0     
29 Nov 2012 Everton 1 - Arsenal 1     

Piala FA (FA)
8 Mar 2014  Arsenal 4 - Everton 1     

Lima Pertandingan Terakhir:

Everton:
16 Agu 2014 Leicester 2 - Everton 2    EPL
11 Mei 2014 Hull City 0 - Everton 2    EPL
3 Mei 2014  Everton 2 - Manchester City 3    EPL
26 Apr 2014 Southampton 2 - Everton 0    EPL
20 Apr 2014 Everton 2 - Manchester United 0    EPL

Arsenal:
20 Agu 2014 Besiktas 0 - Arsenal 0    UCL
16 Agu 2014 Arsenal 2 - Crystal Palace 1    EPL
10 Agu 2014 Arsenal 3 - Manchester City 0    FACS
3 Agu 2014  Arsenal 0 - AS Monaco 1    EMC
2 Agu 2014  Arsenal 5 - Benfica 1    EMC

Prediksi jalannya laga:

* Kedua tim bakal bertarung sengit, karena memendam asa untuk saling mengalahkan, sementara Arsenal menyimpan kenangan pahit pernah menelan kekalahan di masa lampau.

* Laga ini menjadi salah satu takaran apakah Arsenal memiliki kesungguhan pasca meraih kemenangan 2-1 atas Crystal Palace.

* Everton bakal turun dengan kekuatan penuh, meski tanpa menyertakan Ross Barkley dan Bryan Oviedo yang mengalami cedera.

* Laga ini juga menjadi "penghakiman" bagi trio asal Jerman, Mesut Oezil, Per Mertesacker dan Lukas Podolski setelah ketiganya berlaga di Piala Dunia 2014 di Brasil.

Prediksi editor Antaranews.com:
Everton: 1
Arsenal: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014