Bunuh suami 40 tahun lalu, lansia dihukum seumur hidup

Wyoming (ANTARA News) - Pengadilan Wyoming, Amerika Serikat, menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada seorang perempuan lanjut usia karena terbukti bersalah membunuh suaminya 40 tahun lalu serta mengubur mayatnya di tambang emas.

Jaksa Wilayah Laramie County Scott Homar menuntut hakim menjatuhkan hukuman minimal 20 tahun penjara kepada Alice Uden (75) dari Chadwick, Missouri, sementara pengacaranya mengajukan penangguhan hukuman dan mengupayakan hukuman percobaan. Tapi hakim memutuskan menghukumnya seumur hidup.

Uden, yang kemudian menikah lagi dan hidup tenang di Misouri saat ditangkap tahun lalu, terbukti bersalah pada Mei atas pembunuhan tingkat dua karena menembak suaminya Ronald Holtz di Wyoming antara 1974 atau 1975.

Ia ditangkap kembali bersama suami keduanya, Gerald Uden, yang tahun lalu juga terbukti bersalah karena membunuh mantan istri dan dua anak laki-lakinya tahun 1980 dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Dokumen pengadilan tidak menjelaskan adanya hubungan antara pembunuhan-pembunuhan terhadap pasangan mereka dan kemudian pernikahan mereka selanjutnya.

Penuntut menyatakan Alice Uden menggunakan senapan untuk menembak suami pertama yang baru dinikahi beberapa bulan dengan sejumlah tembakan yang mengenai punggung dan kepala ketika korban sedang tidur.

Tapi menurut pembela dia membunuh suaminya setelah sang suami mengamuk dan mengancam akan melukai anak perempuannya yang masih kecil.

Pembelaan pada Senin mendesak pengadilan untuk mempertimbangkan pesan yang akan sampai ke masyarakat dalam mempertimbangkan hukuman terhadap perempuan tua dan sakit-sakitan yang membunuh suami untuk mempertahankan diri, kata Homar.

"Saya sampaikan ke pengadilan pesan yang tidak ingin kami sampaikan kepada masyarakat adalah bahwa kau cukup lama menutup kejahatan dan kau akan bisa lolos dengan sedikit hukuman," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Tuduhan pembunuhan Holtz muncul ketika suatu tim menyelidiki kasus beku tentang menghilangnya mantan istri Gerald Uden, Virginia dan dua putranya.

Seorang saksi mata mengatakan bahwa istri Gerald Uden yang sekarang, Alice Uden, mengaku telah menembak Holtz dan memasukkan mayatnya ke dalam tong serta menguburnya di tambang emas terlantar di Wyoming.

Alice Uden bercerai dengan Holtz pada 1975 melalui pengadilan tanpa kehadiran Holtz yang tidak bisa ditemukan. Otoritas Wyoming menemukan kerangkanya Agustus lalu dan membuktikan ia meninggal akibat tembakan di kepala. (Uu.M007)

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar