Komik pertama Superman terjual 3,2 juta dolar

Komik pertama Superman terjual 3,2 juta dolar

Salinan langka Action Comics, Number One, yang memperkenalkan dunia kepada Superman pada tahun 1938, telah terjual dalam lelang eBay senilai 3.207.852 dolar, (ebay.com)

Jakarta (ANTARA News) - Salinan langka Action Comics, Number One, yang memperkenalkan dunia kepada Superman pada tahun 1938, telah terjual dalam lelang eBay senilai 3.207.852 dolar, jumlah tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah buku komik.

Lelang yang berlangsung antara tanggal 14 Agustus sampai 24 Agustus, mencapai harga jual tertingginya setelah melalui 48 tawaran.

Salinan yang dijual oleh Darren Adams, pemilik Pristine Komik ini mendapatkan nilai 9 dari 10 dari penilai komik independen Certified Guaranty Company (CGC).

Keberadaan komik ini sangat langka. Menurut The New York Times, salinan lainnya sebelumnya dimiliki oleh aktor Nicolas Cage dan terjual dalam lelang senilai 2,1 juta dolar.

Bagi banyak kolektor komik, ini adalah kitab suci, karena memperkenalkan sosok Superman.

Adams baru-baru ini mengatakan kepada The Washington Post bahwa salinan komik tersebut merupakan "karya natural". Ia mengatakan telah membelinya dengan harga tujuh digit dari pemilik aslinya, yang menyimpan salinan komik tersebut di pegunungan Virginia Barat setelah membeli dari kios koran pada tahun 1938.

"Saya memilikinya selama beberapa tahun. Saya sangat bersemangat tentang buku ini," kata Adams.

"Kebanyakan buku memiliki sejarah. Namun, buku ini benar-benar langka, dan tak ada yang tahu tentang hal ini sampai saya berhasil membuatnya diketahui."
Dalam postingannya di eBay, Adams menyebut barang tersebut sebagai "Mona Lisa komik."

Menurut The New York Times, ada beberapa komik lain bernilai jutaan dolar, termasuk diantaranya dua salinan tambahan Action Comics, Number One, yang satu terjual seharga 1 juta dolar pada bulan Februari 2010 dan satunya lagi terjual seharga 1,5 juta dolar pada bulan Maret 2010.
 
Komik lainnya antara lain salinan komik Detective Comics, Number 27, yang memperkenalkan Batman, terjual lebih dari 1 juta dolar pada bulan Februari 2010, dan Amazing Fantasy, Nomor 15, penampilan pertama Spider-Man, yang terjual seharga 1,1 juta dolar pada bulan Maret 2011. Demikian seperti yang ditulis dalam laman Rolling Stone.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Menggenjot produksi ikan agar sumbangan PAD meningkat

Komentar