Washington (ANTARA News) - Kepala Pentagon Chuck Hagel akan lakukan perjalanan ke Georgia dan Turki setelah menghadiri pertemuan puncak NATO di Cardiff pekan depan, dan karena meningkatnya konflik di Ukraina, Suriah dan Irak mendominasi agendanya.

Hagel akan berangkat Rabu depan untuk enam hari perjalanan itu, yang akan dimulai dengan pertemuan NATO di Wales, di mana para pemimpin akan membahas "krisis di Ukraina dan Timur Tengah, dan bagaimana memperkuat aliansi untuk masa depan," kata Juru bicara Pentagon, Laksamana John Kirby kepada wartawan, lapor AFP.

Hagel kemudian akan melanjutkan ke Georgia, satu negara yang telah berupaya masuk sebagai anggota NATO, dan bahwa "kami memiliki keprihatinan bersama tentang tindakan Rusia di Ukraina," kata Kirby.

Setelah Georgia, menteri pertahanan AS akan terbang ke Turki untuk pertama kunjungan sebagai kepala Pentagon.

"Turki adalah sekutu kunci NATO, dan mengingat perbatasannya dengan Suriah dan Irak, mereka berbagi keprihatinan kami yang mendalam dengan ... ancaman regional yang ditimbulkan oleh militan Negara Islam (di Irak dan Suriah/ISIS/IS) tambahnya.

Sebelum menuju ke Cardiff, Hagel akan berhenti di Newport, Rhode Island, untuk menyampaikan pidato pada satu konferensi industri pertahanan.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014