Pengadilan Makassar ijinkan Sri ganti jenis kelamin

Makassar (ANTARA News) - Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Sulawesi Selatan, mengabulkan permohonan Sri Wahyuni, seorang mahasiswi yang hendak mengganti status jenis kelaminnya dari perempuan menjadi lak-laki.

"Setelah mendengar kesaksian dari ahli-ahli di bidangnya dan melakukan pertimbangan-pertimbangan, akhirnya diputuskan untuk mengabulkan permohonan pemohon," demikian keputusan PN Makassar yang dibacakan hakim Muh Damis, Senin.

Muh Damis menyatakan mengabulkan permohonan mahasiswi perguruan tinggi swasta itu setelah pemohon melalui banyak tahapan dan meminta bantuan ahli untuk membuktikan perubahan genetikanya itu.

Dalam membacakan putusannya, Damis mengatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap Wahyuni, pemohon terbukti berjenis kelamin laki-laki.

Jenis kelamin laki-laki Wahyuni diperkuat dengan adanya keterangan ahli kelamin dari Universitas Hasanuddin Profesor Satriono pada proses persidangan sebelumnya, yang menyatakan Wahyuni berjenis kelamin laki-laki.

"Kami mengabulkan permohonan pemohon. Dari hasil keterangan psikolog, terungkap potensi pemohon akan lebih berkembang dengan statusnya sebagai laki-laki," katanya.

Selain alasan itu, dikabulkannya permohonan tersebut juga atas pertimbangan hukum agama.

Menurutnya, pergantian jenis kelamin atas dasar nafsu memang diharamkan. Namun, jika karena alasan medis, diperbolehkan dalam aturan.

Dalam kesaksiannya ibu pemohon juga mengungkapkan bahwa sejak bayi, pemohon atau Sri Wahyuni memang tidak mempunyai kelamin laki-laki sehingga didaftarkan di kelurahan sebagai perempuan dan diberi nama Sri Wahyuni.

Setelah berjalannya waktu, perubahan genetika Sri Wahyuni terjadi dan tanda-tanda perubahan mulai terlihat dari bentuk fisiknya seperti lelaki pada umumnya ketika mulai menginjak usia remaja.

Tanda-tanda fisik yang dimiliki Sri Wahyuni selain kelamin yakni memiliki jakun, suara yang besar seperti laki-laki, tidak pernah datang bulan atau menstruasi serta cara berjalannya.

"Setelah permohonan saya dikabulkan oleh majelis hakim, insya Allah saya akan mengganti nama saya menjadi Muhammad Yusri Wahyudi," kata Sri Wahyuni.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Lifter putri Sri Wahyuni raih medali perak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar