Mungkin karena memasuki musim kemarau sehingga kabut asap mulai muncul.
Banjarbaru (ANTARA News) - Kabut asap tipis mulai menyelimuti Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa, sehingga cukup mengganggu aktivitas masyarakat di pagi hari terutama di luar rumah.

Pantauan ANTARA, kabut asap tipis menyelimuti hampir seluruh kawasan perumahan dan sejumlah ruas jalan di kota berpenghuni 230 ribu lebih jiwa sejak pukul 06.00 WITA.

"Saat bangun tidur tercium bau asap menyengat di dalam rumah dan begitu membuka pintu dan jendela, kabut asap tipis, masuk rumah," ujar Nurul, ibu rumah tangga.

Menurut warga Jalan Taruna Kota Banjarbaru itu, kemunculan kabut asap di komplek perumahan baru kali ini karena sebelumnya tidak pernah ada kabut yang menyelimuti permukiman.

"Mungkin karena memasuki musim kemarau sehingga kabut asap mulai muncul. Harapan kami, kalau memang kabut muncul lagi dan kian pekat, dinas terkait bagi masker," ucapnya.

Selain mengganggu aktivitas masyarakat di lingkungan perumahan, kabut asap juga mengganggu jarak pandang pengendara terutama roda dua yang terhalang kabut. Diduga, munculnya kabut asap yang cukup mengganggu aktivitas masyarakat itu akibat terbakarnya semak dan hutan-hutan kecil yang tersebar di beberapa kelurahan.

Gangguan jarak pandang dan efek kabut asap yang cukup memerihkan mata itu, juga disikapi pengendara motor dengan memakai masker untuk melindungi wajah dan saluran nafas.

Hingga pukul 08.00 WITA, kabut asap di kawasan permukiman masih relatif pekat, sedangkan di ruas-ruas jalan lebih tipis karena menyebar terhembus laju kendaraan.

(KR-YRZ)

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014