counter

BTN belum putuskan lokasi Pelatnas di Eropa

BTN belum putuskan lokasi Pelatnas di Eropa

Sejumlah pemain Tim Nasional (Timnas) U-19 mengikuti latihan fisik. (ANTARA FOTO/Regina Safri)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Tim Nasional (BTN) belum menentukan lokasi pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Timnas Indonesia U-19 di Eropa meski berdasarkan data yang ada, Evan Dimas dan kawan-kawan harus menjalani tur Eropa mulai 10 September.

"Komunikasi dengan beberapa pihak masih sedang berjalan. Makanya saat ini belum bisa kami ekspos," kata Sekretaris BTN Sefdin Syaifudin di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, komunikasi dilakukan tidak hanya dengan promotor namun juga dilakukan dengan pihak sponsor. Hal ini dilakukan karena tidak ada dana dari pemerintah untuk memberangkatkan ujicoba timnas ke Eropa.

"Pekan depan akan ada keputusan. Yang jelas semuanya terus gerak untuk mempersiapkan Timnas Indonesia U-19," katanya menambahkan.

Tur ke Eropa merupakan salah satu agenda ujicoba bagi Timnas Indonesia U-19 sebelum turun di kejuaraan Piala Asia 2014 di Myanmar, 9-23 Oktober setelah sebelumnya tim dibawah asuhan Indra Sjafri itu meraih hasil buruk di Piala Hassanal Bolkiah.

Berdasarkan rencana awal, pemusatan latihan dan pertandingan ujicoba bagi Ravi Murdianto dan kawan-kawan ini akan dilakukan di Spanyol. Hanya saja pihak BTN hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan secara resmi lokasi pemusatan latihan itu.

"Yang jelas kami mencari negara yang kondisinya masih hangat. Saat inikan masa pergantian musim. Yang jelas kami ingin pemusatan latihan bisa berjalan dengan baik," katanya menegaskan.

Rencana pemusatan latihan dan ujicoba di Spanyol juga disampaikan Direktur High Performance Unit (HPU) BTN Demis Djamaoeddin. Menurut dia, pemusatan latihan di Eropa dinilai banyak manfaatnya karena lawan yang akan dihadapi levelnya lebih tinggi.

"Lawannya level lebih tinggi dari Timnas U-19. Yang jelas, itu sudah program agar permainan timnas U-19 lebih kompetitif. Kami sudah mengundang beberapa negara yang sudah lolos ke Piala Dunia U-20," kata Demis.

Tur ke Eropa merupakan persiapan terakhir bagi Timnas Indonesia U-19 sebelum turun di Myanmar. Evan Dimas dan kawan-kawan pada kejuaraan yang juga sebagai seleksi untuk lolos ke Piala Dunia U-20 itu tergabung di Grup B bersama Uzbekistan, Australia, dan Uni Emirat Arab.

Saat ini Timnas Indonesia U-19 dibawah asuhan Indra Sjafri mulai menjalani pemusatan latihan di Yogjakarta. Beberapa program mulai dijalankan mulai dari tes fisik hingga mempersiapkan taktik untuk menghadapi Tur Eropa.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Timnas U-19 gelar upacara HUT RI secara sederhana

Komentar