Tokyo (ANTARA News) - Pemerintah Jepang, pada Kamis, mengakui rincian tentang jalur penerbangan dan lokasi persisi pesawat perdana menteri mereka telah terpublikasi dalam jaringan (daring) di Internet untuk diketahui semua orang.

Dalam pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang, situs Internet dan aplikasi seluler pelacak lalu-lintas udara di seluruh dunia bernama Flightradar 24 mempunyai informasi rinci tentang penerbangan resmi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ketika dia berkunjung ke luar negeri.

Setiap pengguna layanan Flightradar 24 akan dapat memantau lokasi di mana pesawat resmi Pemerintah Jepang berada yang seringkali dipakai pula oleh Kaisar dan Permaisuri Jepang itu.

Kementerian Pertahanan Jepang yang bertanggung jawab atas pesawat resmi Pemerintah Jepang tidak lazim mengungkapkan detail penerbangan pesawat itu menyusul risiko keamanannya.

Namun, harian terkemuka Jepang Yomiuri Shimbun mencatat koordinat dan ketinggian sebenarnya dari Pesawat Pemerintah Jepang Satu dan Dua itu tersedia secara daring di Internet.

"Kementerian meminta perusahaan itu untuk membuat perubahan pada 8 Agustus dan terkonfirmasi perusahaan mengambil tindakan pada 27 Agustus," seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang menuturkan kepada AFP.

Juru bicara itu menambahkan kementeriannya tidak menganggap rincian informasi pesawat nomor satu di Jepang itu akan berdampak serius terhadap keselamatan penerbangan resminya.

"Tapi, itu tidak lebih baik jika informasi yang dirahasiakan telah terbuka dan tersedia secara umum," ujar juru bicara itu.
(I026)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014