Kasus Jero Wacik adalah extraordinary crime karena sektor energi menyangkut hajat hidup rakyat banyak.
Jakarta (ANTARA News) - Penetapan Jero Wacik menjadi tersangka oleh KPK merupakan langkah positif sebagai "pintu masuk" pemerintahan Jokowi-JK untuk memberantas praktek mafia BBM dan minyak mentah.

"Pemerintahan Jokowi-JK, KPK, dan LPSK harus memberikan jaminan keamanan dan perlindungan penuh kepada Jero Wacik dan keluarganya ke depan," kata Direktur Eksekutif Trisakti Fahmi Habsyi di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan mengingat kasus yang melilit nilainya sepele di industri migas dalam kurun waktu menjabatnya, tapi Jero Wacik pasti mengetahui banyak praktek-praktek kotor lainnya yang bisa mengurai lebih banyak politisi dan birokrat korup yang menikmati bersama lingkar mafia selama ini.

"Tidak ada artinya penetapan tersangka khususnya kasus Jero Wacik bila hanya memuaskan hasrat penindakan hukum tanpa hasrat mencegah dan memperbaiki, karena permasalahan tata niaga BBM sangat mengganggu pemerintahan Jokowi-JK yang harus ditangani secepatnya," kata dia.

"Kasus Jero Wacik adalah extraordinary crime karena sektor energi menyangkut hajat hidup rakyat banyak. Rakyat menanti itu, bukan lips service Jokowi-JK," katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014