Bandung (ANTARA News) - Bandung Creative City Forum (BCCF) menargetkan infrastruktur untuk menjual produk-produk kreatif yang berasal dari Kota Bandung secara online akan siap diluncurkan pada 2015.

"Tahun depan rencananya sudah ada portal yang bagus untuk bisnis online," kata Ketua BCCF Fiki Satari di Bandung, Jumat (5/9) malam.

Menurut dia, dalam perjalanan mencapai target tersebut, pihaknya harus berupaya mempromosikan produk-produk kreatif agar lebih dikenal masyarakat luas.

"Kita harus bangun traffic, ini tidak mudah dan perlu waktu," katanya.

Saluran penjualan online tersebut rencananya akan menjadi wadah bagi komunitas-komunitas kreatif untuk menjual produk-produk mereka.

Fiki menambahkan bahwa pihaknya mengandalkan bantuan dari CSR untuk membiayai operasional BCCF.

Pihaknya memutuskan untuk tidak meminta bantuan dana dari pemerintah Kota Bandung karena walikota Bandung saat ini pernah menjabat sebagai ketua BCCF sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan dugaan adanya konflik kepentingan.

"Kita ambil jarak dengan Pemkot Bandung dalam hal pembiayaan karena walikotanya kan mantan ketua BCCF. Itu sensitif," katanya.

BCCF merupakan sebuah forum dan organisasi lintas komunitas kreatif yang berdiri pada akhir 2008.

BCCF didirikan oleh 45 komunitas kreatif dan saat ini telah berkembang hingga mencapai 70 komunitas kreatif.

Pada Jumat (5/9), pusat pengembangan potensi ekonomi kreatif yang ketiga di Kota Bandung, yakni Simpul Space III diresmikan.

Peresmian dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014