Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 300 peserta dari berbagai daerah mengikuti Indonesian Robotic Olympiad    (IRO2014)  pada Sabtu 6 September 2014 di Tzu Chi School, Pantai Indah Kapuk,Jakarta Utara.

Siaran pers panitia IRO2014 menyebutkan para peserta antara lain berasal dari Jakarta,Bandung, Medan, Surabaya, Bali, Solo,dan Semarang.

Panitia acara dari MIKROBOT Experience Center, Fenita, menjelaskan IRO2014 kompetisi LEGO robotik tingkat nasional yang diikuti oleh peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA sampai dengan tingkat umum.

IRO pada tahun ini merupakan yang ke-11 kalinya diselenggarakan oleh MIKROBOT. dan para pemenang akan  mewakili Indonesia di kancah kompetisi tingkat internasional yaitu World Robot Olympiad (WRO) di Rusia pada November 2014..

Pada tahun ini IRO diselenggarakan dengan tema “ROBOT AND SPACE” terbagi dalam beberapa kategori lomba yang disesuaikan dengan usia peserta.

Dalam persiapan ajang IRO2014, Mikrobot sebagai penyelenggara didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khususnya dari Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dukungan dari sponsor antara lain OCBC NISP,Alkaline, ACER Indonesia, dan ALTO turut mensukseskan IRO2014.

Para pemenang Indonesian Robotic Olympiad 2014 adalah :

Reguler Category

1. Tingkat SD :
Juara 1 : REC PB 01 dari Jakarta
Juara 2 : Robokidz – JB Robo dari Surabaya
Juara 3 : Primeone – Cosmic dari Medan

2. Tingkat SMP:
Juara 1 : REC PB 05 dari Jakarta
Juara 2 : REC PB 09 dari Jakarta
Juara 3 : Robokidz is My Life dari Surabaya

3. Tingkat SMA :
Juara 1 : Cyborg dari Surabaya
Juara 2 : Pocky dari Semarang
Juara 3 : Dreadnought dari Surabaya

Open Category ( Kategori Robot Kreatif )

1. Open Senior
Juara 1 : Robokidz Michael Jordan dari Surabaya
Juara 2 : Creativkids 7 dari Lampung
Juara 3 : Robokidz Cheetah dari Surabaya

2. Open Junior

Juara 1 : Robokidz Starlink dari Surabaya
Juara 2 : Robokidz – Pasific Rim dari Surabaya
Juara Favorit Open Category : REC CG – 02 dari Jakarta

Two Way Bot Category (kategori mekanik untuk anak SD) :

Juara 1 : Robokidz – Arc dari Surabaya
Juara 2 : Robokidz – Ojaf dari Surabaya
Juara 3 : Robokidz Warren dari Surabaya

WRO GEN II Football (Kategori Perlombaan Sepak Bola Autonomous) :

Juara 1 : Kawatan dari Magelang
Juara 2 : REC CG 01 dari Jakarta
Juara 3: Garuda dari Bali

First Lego League (FLL) Category :

Juara 1 : Robokidz – RAA dari Surabaya
Juara 2 : The Brickminds dari Jakarta
Juara 3 : Robokidz Kevin Axel dari Surabaya

Peraturan lomba meliputi :
1. Regular Category :
• Elementary School (Tingkat SD) dengan tema Rocket

Peserta ditantang untuk menyusun elemen rocket, menempatkan rocket yang sudah disusun dengan posisi vertikal diatas launch pad, dan mengevakuasi semua warga sipil yang berada di area peluncuran ke tempat yang aman.
• Junior High School (Tingkat SMP) dengan tema Sputnik
Peserta ditantang untuk merakit robot yang bertugas, mengumpulkan semua puing antariksa dan satelit yang rusak dan memuatnya ke dalam satelit pabrik. Satelit yang masih berfungsi dengan baik harus tetap berada di orbit. Robot harus kembali ke zona base (Bumi) setelah menyelesaikan tugasnya.
Senior High School Category (Tingkat SMA) dengan tema Space Station
Peserta merakit robot yang dapat menyelesaikan beberapa tantangan. Robot akan melewati gerbang ke luar angkasa, memeriksa Solar panel yang buruk (hitam) dan menggantinya dengan yang baik (warna merah-biru) dari gudang di stasiun luar angkasa.
Robot juga harus menemukan dan mengaktifkan solar panel baik yang tidak aktif dan kembali ke zona aman setelah menyelesaikan tugas.

2. Open Category (umum)

• Open Category WeDo

Peserta ditantang untuk merakit dan memprogram robot yang unik dan kreatif menggunakan set WeDo dari Lego Education sesuai dengan tema “ROBOT AND SPACE”.
Peserta juga akan mempresentasikan robot mereka dalam bentuk presentasi langsung,poster, dan video kepada dewan juri dan penonton.

• Open category Mindstorms

Peserta ditantang untuk merakit dan memprogram robot yang unik dan kreatif menggunakan set Mindstorms (NXT/EV3) dari Lego Education sesuai dengan tema “ROBOT AND SPACE”.
Peserta juga akan mempresentasikan robot mereka dalam bentuk presentasi langsung, poster, dan video kepada dewan juri dan penonton.

3. First Lego League (FLL)

Peserta ditantang untuk merakit robot yang dapat menyelesaikan banyak tantangan di satu area besar (bumi) dengan batas waktu tertentu.
Setiap tantangan yang dapat diselesaikan memiliki nilai (point) yang berbeda-beda. Tema FLL tahun ini adalah Nature’s Furry.

4. Two Way Bot Category

Dalam kategori ini, peserta ditantang untuk merakit robot yang dapat mengumpulkan sample materidari permukaan Mars yang digunakan untuk penelitian manusia (sample diwakili oleh bola pingpong).
Robot harus dapat membedakan sample materi karena terdapat materi toxic yang beracun (ping-pong yang berbeda warna) dan dapat berbahaya bagi manusia (minus point).

5. Robot Soccer Category

Peserta ditantang untuk merakit 2 robot yang berfungsi untuk bermain sepak bola secara otomatis.
Dua robot tersebut akan melawan 2 robot peserta lain dan tim robot yang dapat mencetak gol terbanyak dalam waktu yang telah ditentukan akan memenangkan pertandingan.

(advertorial)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014