KHL 2015 Sukabumi diusulkan Rp2.128.920

...belum termasuk jika pemerintah jadi menaikan harga bahan bakar minyak...
Sukabumi (ANTARA News) - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Sukabumi mencatat hasil survey kebutuhan hidup layak yang dilakukan di empat pasar tradisional menunjukan KHL untuk 2015 mencapai Rp2.128.920.

"Survey yang kami lakukan yakni di pasar tradisional yaitu Pasar Cicurug, Cibadak, Panggeleseran dan Sukaraja. Ada peningkatan sekitar 25 persen dibandingkan dengan upah minimum Kabupaten Sukabumi pada 2014 yakni sekitar Rp1,5 juta," kata Ketua Serikat Pekerja Tekstil, Sandang dan Kulit/SP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi, M Popon, kepada Antara, Senin.

Menurut Popon, pihaknya juga sudah sepakat dengan serikat pekerja lainnya yang ada di Kabupaten Sukabumi melakukan survey KHL dan hasilnya adalah sama untuk menjadi pembanding terhadap survei KHL yang dilakukan oleh dewan pengupahan Kabupaten Sukabumi.

Survei yang dilakukan oleh pihaknya secara bersama-sama didasarkan pada aturan dan mekanisme yang diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI nomor 13/2012 tentang komponen dan pelaksanaan tahapan pencapaian KHL. Adapun jumlah item komponen KHL yang di survei persis sama dengan yang diatur dalam peraturan tersebut yakni 60 item yang terdiri dari komponen makanan dan minuman, sandang perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi, rekreasi dan tabungan.

"Sehingga, logikanya kalau item KHL yang disurvei lebih dari 60 item maka hasilnya pun pasti jauh di atas survei yang kami lakukan. Tapi menurut kami itu mengada-ada dan berlebihan karena tidak akan bisa dijadikan acuan atau pertimbangan dalam penentuan UMK yang bersumber dari survei KHL karena melebihi yang diatur dalam Permenakertrans RI No. 13 Tahun 2012," tambahnya.

Namun, jika kemudian pemerintah mengeluarkan peraturan baru seperti yang terjadi pada 2012 lalu mengenai tata cara atau tambahan jumlah item atau komponen yang disurvei maka pihaknya akan melakukan survei ulang disesuaikan dengan peraturan baru tersebut.

Adapun rincian hasil survei tiap pasar sebagai berikut untuk di Pasar Pangleseran Rp2.117.105, Pasar Sukaraja Rp2.138.960, Pasar Cibadak Rp2.112.416, Pasar Cicurug Rp2.147.200. Jika dirata-ratakan hasil survey yang dilakukan di empat pasar tradisional tersebut muncul angka Rp2.128.920.

"Hasil survey yang kami lakukan ini belum termasuk jika pemerintah jadi menaikan harga bahan bakar minyak atau BBM yang sudah dipastikan akan memicuk kenaikan KHL karena harga kebutuhan pokok dan lainnya ikut naik," kata Popon.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar