Bandung  (ANTARA News) - Artis-artis muda seperti Andhika Pratama, Aliando Syarif, Prilly Latuconsina, Maudy Ayunda, dan Gita Gutawa akan memeriahkan malam anugerah Festival Film Bandung 2014 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju), Bandung, Sabtu (13/9).

Andhika, Syarif dan Prilly akan memandu acara penganugerahan bagi insan film Tanah Air itu, sementara Maudy dan Gita akan tampil memeriahkan acara bersama grup Cherrybelle dan Sm*sh.
 
Ketua Festival Film Bandung (FFB) 2014 Eddy D Iskandar di Bandung, Kamis, mengatakan Judika, Julia Perez, Lesty D'academy, Heddy Yunus dan Mario Ginanjar juga akan tampil pada acara yang akan dimulai pukul 19.30 WIB dan disiarkan oleh satu stasiun televisi swasta nasional.

Film yang menjadi nomine peraih penghargaan FFB 2014 yakni "Soekarno", "Sang Kiai", "Tenggelamnya Kapal van Der Wijk", "Adriana" dan "Sokola Rimba".

"Kelimanya masuk nominasi film terpuji di FFB berdasarkan hasil penilaian tim juri," kata Eddy D Iskandar.

Aktor-aktor yang bersaing mendapat penghargaan pemeran utama pria terpuji yakni Ikranagara (Sang Kiai), Joe Taslim (La Tahjan), Ario Bayu (Soekarno), Herjunot Ali (Tenggelamnya Kapal van Der Wijk) dan Alex Komang (Sebelum Pagi Terulang Kembali).

Sementara itu nomine pemeran utama wanita terpuji meliputi Atiqah Hasiholan (La Tahzan), Adinia Wirasti (Laura dan Marsha), Prisia Nasution (Sokola Rimba), Pevita Pearce (Tenggelamnya Kapal van Der Wijk), Eriska Rein (Bajaj Bajuri The Movie).

FFB 2014 juga memberikan penghargaan kepada pemeran pembatu pria dan wanita, sutradara, penulis skenario, editor, penata kamera, penata artistik dan penata musik.

Festival film yang diselenggarakan sejak tahun 1987 itu juga akan memberikan penghargaan untuk sinetron serial dan film televisi.

Eddy mengatakan penyelenggara menetapkan nomine penerima penghargaan berdasarkan pengamatan sejak 1 Mei 2013 hingga 31 Juli 2014 dengan fokus di bioskop-bioskop Kota Bandung, yang merupakan salah satu kota tolok ukur peredaran film nasional maupun impor.

"Nominasinya yakni 11 untuk film nasional, tiga untuk sinetron serial dan lima untuk film TV," katanya.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014