Semarang (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka gagal melangkah ke babak ketiga kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Indonesian Masters di Palembang, Sumsel, setelah dikalahkan pemain Malaysia Daren Liew.

Ketu PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Kamis, mengatakan, Hayom kurang sabar dan telaten saat menghadapi pemain asal Malaysia tersebut.

"Hayom masih perlu proses recovery yang lebih panjang lagi," katanya menegaskan.

Hayom Rumbaka yang menempati unggulan pertama kejuaraan tersebut harus mengakui keunggulan pemain Malaysia yang diunggulkan di tempat kesembilan dengan dua game langsung 20-22,14-21 dalam waktu 39 menit.

Dengan kekalahan ini maka skor pertemuan kedua pemain tersebut menjadi 2-1 untuk keunggulan Daren Liew. Pada babak delapan besar Liew akan bertemu unggulan keenam dari India Sai Praneeth yang sebelumnya mengalahkan rekannya Ajay Jayaram 21-16,14-21,23-21.

Sementara itu Riyanto Subagja yang menempati unggulan ke-15 membuat kejutan untuk melangkah ke babak perempat final setelah menyingkirkan unggulan ketiga Zi Liang Derek Wong dari Singapura dengan rubber game 21-18,9-21,21-16.

Pada babak delapan besar, Riyanto akan menantang unggulan kelima dari India Prannoy HS yang sebelumnya mengalahkan pemain Indonesia lainnya Sukamto Evert juga dengan rubber game 21-18,13-21,21-15.

Pada nomor ini Indonesia memsatikan satu pemain lagi melangkah ke babak perempat final karena dua pemainnya Andre Kurniawan Tedjono yang menempati unggulan kedelapan menghadapi Firman Abdul Kholiq di babak ketiga. Sampai berita ini ditulis terjadi rubber game antara keduanya karena pada game pertama Firman menang dengan 21-18 tetapi pada game kedua gantian Andre yang menang 21-18.

Kemudian Thomi Azizan Mahbub menghadapi unggulan keempat dari India Anand Pawar, sedangkan unggulan kedua Sony Dwi Kuncoro menghadapi rekannya Ivanudin Rifan Fauzin di babak ketiga.

Pada nomor ganda campuran, Indonesia menguasai babak perempat final kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 125 ribu dolar Amerika serikat tersebut. Dari delapan tempat yang ada, tujuh pasangan Indonesia melangkah ke babak delapan besar sedangkan satu-satunya tempat diisi pasangan Malaysia Ong Jian Guo/Yen Lee Meng.

Pasangan Malaysia ini melangkah ke babak perempat final setelah mengalahkan unggulan ketiga Irfan Fadhilah/Webi Anffraini 21-11,21-16.

Pasangan Indonesia yang melangkah ke perempat final adalah unggulan pertama Riky Widianto/Puspita Richi Dili yang mengalahkan rekannya Ardiansyah Dewi Tika Permatasari 21-9,21-11. Pada babak perempat final akan bertemu Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati yang mengalahkan rekannya Herdianto/Della Destiara Haris 21-15,27-25.

Kemudian pasangan Alfian Eko Prasetyo/Annisa Saufika melaju ke perempat final setelah mengalahkan rekannya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Maretha Dea Giovani 21-17,21-18. Pada babak delapan besar akan bertemu unggulan keempat Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja yang sebelumnya menang atas Ronald Alexander/Melati daeva Oktaviani 21-12,14-21,21-19.

Unggulan kedua pasangan Muhammad Rijal/Vita Marissa melangkah ke babak perempat final setelah mengalahkan rekannya Hafiz Faisal/Shella Devi Aulia 21-16,21-17. Pada babak delapan besar akan bertemu rekannya Lukhi Apri Nugroho/Masita Mahmudin yang sebelumnya menang atas pasangan Malaysia Tan Aik Quan/Lai Pei Jing 21-18,11-21,24-22.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014