Jakarta (ANTARA News) - Dua pasangan ganda putri Hsieh Su-Wei/Peng Shuai dan Ekaterina Makarova/Elena Vesnina dipastikan lolos ke BNP Paribas WTA Finals di Singapore Sports Hub, Singapura, 17-26 Oktober setelah bermain cemerlang selama 2014.

Hsieh/Peng yang merupakan juara bertahan WTA Finals itu bahkan mampu menduduki peringkat satu dunia pada awal 2014. Pasangan asal Taiwan itu juga menyusul peringkat satu dunia saat ini, Sara Errani/ Roberta Vinci.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Kamis, selain tiga pasangan pemain tersebut pihak WTA masih akan mencari lima pasangan yang akan turun pada kejuaraan yang dipersembahkan oleh SC Global itu.

Lima pasangan pemain yang akan mengisi slot kosong itu akan ditentukan melalui turnamen yang digelar di Asia seperti Toray Pan Pacific Open (Tokyo), Dongfeng Motor Wuhan Open (Tiongkok), China Open (Beijing, Tiongkok) dan Kremlin Cup (Moskow).

Kehadiran Hsieh Su-Wei/Peng Shuai di WTA Finals Singapura disambut dengan antusias oleh legenda tenis putri dunia Martina Navratilova. Menurut dia, pasangan asal Taiwan itu memiliki gaya yang khas yang bisa membuat lawan kewalahan.

"Hsieh/Peng tahu bagaimana bisa melangkah sampai level tertinggi. Gaya khas bermain mereka, menggunakan kedua tangan di kedua sisi, membuat lawan sakit kepala. Permainan mereka enak dilihat. Pasangan ini akan menghibur para penonton di Singapura," kata Martina Navratilova.

Selama 2014, pasangan Hsieh/Peng mampu memenangi grand slam Roland Garros, BNP Paribas Open (Indian Wells) dan Qatar Total Open (di Doha). Saat mencapai final, pasangan ini memiliki rekor 12-0. Inilah penampilan kedua mereka di WTA Finals secara berurutan.

Sementara itu, pasangan Makarova/Vesnina, berpenampilan cemerlang di 2014. Makarova/Vesnina menjuarai grand slam AS Terbuka, runner-up di grand slam Australia Terbuka dan Miami Open.

Mereka juga mencapai babak perempat final di Dubai Duty Free Tennis Championships, BNP Paribas Open (Indian Wells), Internazionali BNL d'Italia (Roma), dan Rogers Cup (Montreal). Makarova/Vesnina ke WTA Finals juga untuk kedua kali secara berurutan. Mereka adalah runner-up WTA Finals 2013.

"Mencapai WTA Finals adalah tujuan utama kami tahun ini. Kami sangat suka dengan atmosfer WTA Finals. Yang jelas lolos ke Singapura adalah tujuan baru kami," kata juara ganda putri AS Terbuka 2014, Ekaterina Makarova.

WTA Finals 2014 akan menampilkan delapan petenis terbaik putri menggunakan sistem round robin. Sementara itu delapan pasangan terbaik ganda putri akan berlaga menggunakan sistem single-elimination.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014