counter

Kemenag pastikan seluruh calon haji Malut tiba di Jeddah

Kemenag pastikan seluruh calon haji Malut tiba di Jeddah

Ilustrasi (ANTARA News/Unggul Tri Ratomo)

Ternate (ANTARA News) - Kementerian Agama (Kemenag) Maluku Utara (Malut), memastikan seluruh calon haji asal Malut telah tiba di Jeddah untuk menunaikan ibadah haji tahun ini

"Dari laporan yang disampaikan, untuk calon haji Kota Ternate yang tergabung dengan jemaah calon haji Halbar, Haltim, Halut, dan jemaah Kabupaten Pulau Morotai yang tercatat sebanyak 450 orang itu dipastikan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dengan selamat," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenang Provinsi Malut, Abdullah Latopada di Ternate, Sabtu.

Ia mengatakan, sebanyak 450 rombongan jemaah kloter tujuh itu memasuki embarkasi Makassar pada pukul 04.00 WITA, kemudian jemaah melakukan penerbangan dari Bandara Sultan Babullah menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz pada pukul 09.15 WITA, dengan durasi penerbangan yang memakan waktu sekitar 10 hingga 11 jam, dan dipastikan selamat dan aman hingga mendarat di Jeddah.

Setelah rombongan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, rombongan Kloter tujuh akan diperiksa dokumen seperti visa dan paspor, setelah pemeriksaan selesai dilakukan, kemudian diberangkatkan menuju Madinah, untuk melakukan ibadah sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Ditanya soal apakah ada jemaah yang sakit, ia mengatakan sedikitnya delapan jemaah Kota Ternate adalah resiko tinggi (risti), namun hingga penerbangan dilakukan kedelapan orang tersebut masih dalam kondisi sehat.

"Ada delapan calon haji Kota Ternate penderita resiko tinggi, tapi sampai dilakukan pemberangkatan delapan jamaah itu masih dalam keadaan sehat-sehat saja," katanya.

Sebanyak 851 jemaah calon haji asal sembilan kabupaten/kota di Malut diberangkatkan ke Tanah Suci melalui embarkasi Makassar. Jemaah tertua yang tercatat adalah Said Pannu Lasagena (94 tahun) asal Kabupaten Kepulauan Sula dan yang termuda untuk tahun ini Rosmalang Maskur (24 tahun) asal Kabupaten Halmahera Timur.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Empat orang haji tidak ikut di kloter terakhir

Komentar