Samarinda (ANTARA News) - Lomba power boating akan memeriahkan Festival Mahakam ke-14, kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, Kalimantan Timur HM Faisal.

"Seperti Festival Mahakam tahun sebelumnya, pada pagelaran Festival Mahakam kali ini selalu ada yang istimewa, salah satunya lomba power boating atau Open Power Boating Competition yang terbuka untuk semula kalangan. Kegiatan ini hanya ada di Sungai Mahakam jadi pasti akan menjadi tontonan yang seru dan menarik," ungkap Faisal, Minggu.

Festival Mahakam yang ke-14 kata Faisal akan dilaksanakan pada 1 hingga 2 November 2014.

"Puncak Festival Mahakam ke-14 akan berlangsung pada 1 hingga 2 November 2014, namun sejumlah kegiatan sudah dilakukan pada 30 Oktober," kata Faisal.

Festival Mahakam 2014 lanjut Faisal akan dibagi menjadi tiga lokasi yakni, acara lomba di Sungai Mahakam, acara di sepanjang Tepian Mahakam dan "special event" yang merupakan acara khusus yang didukung pihak sponsor.

Kegiatan Festival Mahakam yang dilaksanakan di Sungai Mahakan yakni, lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam, power boating, lomba balap perahu tambangan, lomba balap perahu dumping, lomba perahu naga serta ekshibisi jet sky.

Acara di sepanjang Tepian Mahakam yakni, parade budaya Nusantara, kirab drum band, lomba tari kreasi daerah, festival band indie, parade band pub Samarinda, lomba masak dan lomba masakan khas daerah serta lomba menggambar dan mewarnai.

Sementara, kegiatan spesial pada Festival Mahakam tersebut yakni, pemecahan rekor MURI, Mahakam Fun City Rally Motor, Mahakam Sunset Gowes, Mahakam Jazz Fiesta, Sape Festival & Student Clinic, Mahakam UKM Expo, Pentas Dangdut Religi dan Batik dan Moeslim Fashion.

Untuk memeriahkan Festival Mahakam 2014 tersebut Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda tambah Faisal akan mengundang peserta baik dari dalam wilayah Kalimantan Timur maupun di luar propinsi yang ingin berpartisipasi.

Bahkan jika belum menerima undangan partisipasi maka ia mermpersilahkan untuk mendapatkan info dan mendaftar sebagai peserta.

"Cara untuk mendapat informasinya bisa langsung menghubungi Sekretariat Kantor Disbudparkominfo, Jalan Dahlia No. 69 Samarinda," ungkap Faisal. (*)

Pewarta: Amirullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014