counter

Kementerian Kependudukan efektif ciptakan SDM potensial

Kementerian Kependudukan efektif ciptakan SDM potensial

Menakertrans Muhaimin Iskandar (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Itu merupakan upaya komprehensif membentuk Sumber Daya Manusia yang berdaya saing. Sebab kesuksesan suatu negara tidak hanya diukur dari kekayaan sumber daya alamnya, melainkan dilihat juga dari persiapan SDM-nya,"
Bekasi (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menilai wacana pembentukan Kementerian Kependudukan merupakan strategi efektif dalam mencetak sumber daya manusia potensial.

"Itu merupakan upaya komprehensif membentuk Sumber Daya Manusia yang berdaya saing. Sebab kesuksesan suatu negara tidak hanya diukur dari kekayaan sumber daya alamnya, melainkan dilihat juga dari persiapan SDM-nya," kata Muhaimin dalam kunjungannya ke CEVEST Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

Sebagai upaya mewujudkan SDM potensial tersebut, Muhaimin pun menginstruksikan Direktorat Jenderal Pembinaan dan Pelatihan Produktivitas Kemnakertras untuk bersinergi dengan Kementerian Kependudukan.

"Sebab angkatan kerja usia produktif yang terus meningkat ini diprediksi dalam beberapa tahun ke depan akan sampai pada tingkat pertumbuhan tertinggi. Jangan sampai potensi tersebut sia-sia," katanya.

Ia menambahkan, persiapan mencetak SDM potensial akan membutuhkan perencanaan panjang sehingga rencana desain harus disusun matang agar target yang dipatok bisa tercapai.

Dengan demikian, berbagai kelemahan yang dimiliki bisa diubah menjadi suatu kekuatan.

"Mengintensifkan pembinaan terhadap lembaga pelatihan juga harus dilakukan sebagai salah satu upaya menyiapkan SDM potensial yang diinginkan," katanya.

Berbagai bentuk pendidikan dan pelatihan yang dilakukan harus dikoordinasikan secara lintas sektoral dengan pemerintah juga dunia industri agar hasilnya tepat guna.

"Dengan koordinasi, jadi bisa diketahui kebutuhan SDM seperti apa yang diinginkan. Jika sudah mengetahuinya, akan lebih mudah menentukan persiapan sesuai arah yang dituju," demikian Muhaimin.
(KR-AFR/Z003)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Ma’ruf Amin pasrahkan hasil rakernas terkait statusnya di MUI

Komentar