Banjarbaru (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, siap memberangkatkan jamaah calon haji melalui Bandara Syamsudin Noor mulai kelompok terbang pertama, pada Kamis (18/9).

Sekretaris PPIH Embarkasi Banjarmasin Syukeriansyah di Kota Banjarbaru, Selasa mengatakan, panitia secara keseluruhan sudah siap memberangkatkan jamaah calon haji tahun 2014/1435 Hijriyah.

"Seluruh persiapan sudah dilakukan panitia sehingga tinggal menunggu kedatangan jamaah calon haji di asrama haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru untuk menjalani karantina sebelum diberangkatkan," ujarnya.

Ia mengatakan, kesiapan meliputi pelayanan penginapan selama jemaah berada di lingkungan asrama haji termasuk konsumsi, pelayanan kesehatan hingga angkutan menuju pesawat di Bandara Syamsudin Noor.

Dijelaskan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Kalsel itu, sesuai aturan setiap jemaah calon haji wajib masuk asrama untuk menjalani karantina sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Selama karantina, jamaah tidak boleh ditemui keluarga termasuk dibawakan makanan karena semuanya sudah disiapkan PPIH sehingga setiap jamaah terjaga kondisi fisik maupun kesehatannya," ujar dia.

Menurut dia, jumlah keseluruhan jamaah calon haji Kalsel yang berasal dari 13 kabupaten dan kota sebanyak 3.050 orang yang diberangkatkan baik dalam satu kelompok terbang (kloter) penuh maupun gabungan.

Disebutkan, kloter pertama adalah jemaah calon haji dari Kabupaten Tabalong sebanyak 318 orang dan dua petugas TPHD yang diberangkatkan, Kamis (18/9) tetapi diwajibkan masuk asrama haji sehari sebelumnya.

"Namun, panitia daerah minta jemaah datang lebih awal yakni Selasa malam sehingga Rabu (17/9) sudah bisa menjalani karantina di asrama haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci," kata dia.

Dikatakan, selain pemberangkatan jemaah calon haji asal Kalsel melalui Bandara Syamsudin Noor, Embarkasi Banjarmasin juga menjadi Embarkasi bagi jemaah calon haji dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sementara itu, pemberangkatan seluruh jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin yang terbagi dalam 13 kloter di mulai pada 18-28 September 2014 dan kloter pertama kembali ke tanah air 27 Oktober 2014.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014