Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya mendirikan pos pantau guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas dan tindak kejahatan pada sejumlah lokasi di setiap polres.

"Pos pantau itu tersebar pada sejumlah lokasi yang dianggap rawan kemacetan dan tindak kejahatan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Rabu.

Rikwanto mengatakan Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono telah memerintahkan para pimpinan polres untuk membangun pos pantau.

Ia menjelaskan, pihak polres yang menentukan lokasi pembangunan pos pantau karena dianggap yang mengetahui posisi daerah rawan kemacetan dan tindak kejahatan.

Keberadaan pos pantau yang dijaga beberapa anggota kepolisian itu diharapkan dapat membantu mengatasi masalah kepadatan lalu lintas dan menjaga keamanan ketertiban masyarakat.

Pos pantau tersebut akan melibatkan polisi dari Satuan Lalu Lintas, Sabhara, dan Brimob sebagai tim reaksi cepat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisari Besar Polisi Restu Mulya Budyanto menambahkan bahwa pihaknya akan menempatkan petugas di pos pantau yang rawan kemacetan, seperti Kampung Melayu.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan 20 tenda pos pantau yang tersebar di kawasan Blok M, Fatmawati, Pasar Rumput Setiabudi, dan pertigaan Pasar Impres (Jakarta Selatan).

Kemudian di wilayah Jakarta Timur, yakni Kampung Melayu, Lampu Merah Caglak, pertigaan Pasar Rebo, Jalan Raya Pondok Gede Garuda Makasar, Lampu Merah PGC Cililitan, Jalan Pramuka Raya, Jatinegara, Cakung, Ciracas, dan Cipayung Jalan Raya Bogor.

Kawasan Jakarta Pusat, yaitu Simpang Lima Senen, perempatan Mampang, perempatan coca cola, Cempaka Putih, lampu merah Pintu Besi, dan Gunung Sahari Raya.

Wilayah Jakarta Utara meliputi Kebun Baru Cilincing, Simpang Lima Semper, Koja, Waduk Pluit, Penjaringan, Jalan Benyamin Sueb Pademangan, SMR Tanjung Priok, LA Piaza, dan Kelapa Gading.

Kemudian wilayah Jakarta Barat di sekitar lampu merah Olimo, Jalan Perjuangan Kebun Jeruk, Jalan Pangeran Tubagus Angke Tambora, lampu merah Cengkareng arah Grogol, Jalan Daan Mogot, Kalideres dan Jalan Meruya Utara, Kembangan, serta Depok di Jalan Margonda Raya.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014