Jakarta (ANTARA News) - Pahlawan-pahlawan super lokal seperti Gundala, NusantaRanger, Bima X, Gatot Kaca dan Pendekar Tongkat Emas termasuk di antara produk kreatif dalam negeri yang ditampilkan dalam festival budaya pop tahunan Popcon Asia 2014 yang berlangsung di Jakarta mulai Jumat.

Festival bertema "Be Pop, Be You" yang akan berlangsung hingga 21 September di Smesco Exhibition Hall itu juga akan menampilkan para komikus dan produksi konten kreatif Indonesia, selain para pelaku industri kreatif dari sejumlah negara.

"Tahun ini ada sekitar 10 negara yang berpartisipasi dalam Popcon, di antaranya Amerika Serikat, Hongkong, Malaysia, Thailand, Korea, Indonesia, Perancis... Kami berharap Popcon Asia 2014 bisa memperluas industri kreatif kita," ujar Pendiri Popcon Asia, Grace Goh, di Jakarta, Jumat.

Ardian Syaf, komikus DC dan Marvel Comics dari Indonesia; Nakanari dari Amerika Serikat; dan Harvey Tolibao dari Filipina akan tampil dalam berbagai sesi seperti Jamstrip dan art battle. Ada juga komikus muda pendiri Pionicon, Faza Meonk.

Dalam festival kali ini juga ada ajang pemilihan perempuan muda geek berprestasi, "Popcon Babes Award".

Festival itu diharapkan dapat meningkatkan optimisme para pelaku industri kreatif lokal dan menunjukkan kepada publik bahwa industri kreatif Indonesia tidak kalah dari negara lain.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014