Wellington (ANTARA News) - Lebih dari 3,1 juta orang atau lebih dari 91 persen rakyat Selandia Baru yang terdaftar sebagai pemilih mengikuti dan memberikan suara dalam pemilihan umum yang diselenggarakan Sabtu.

Komisi Pemilihan Umum Selandia Baru, seperti dilansir Kantor Berita Xinhua, akan menutup tempat-tempat pemungutan suara di negara itu pada pukul 19.00 waktu setempat dan mulai penghitungan suara.

KPU Selandia Baru menargetkan surat suara di separuh jumlah TPS akan telah dihitung pada pukul 22.00 waktu setempat dan penghitungan seluruhnya selesai pada tengah malam.

Selandia Baru memiliki sistem perwakilan anggota proporsional campuran untuk pemilihan masing-masing parlemen di mana tiap anggota akan menjabat maksimal tiga tahun.

Perdana Menteri John Key dan Partai Nasional tengah-kanannya, yang telah memerintah dengan mitra-mitra partai kecil sejak 2008, disebut-sebut mencari masa jabatan ketiga.

Setiap pemilih di Selandia Baru mendapat dua hak pilih. Satu hak pilih untuk pemilihan perwakilan dan hak pilih kedua untuk partai politik.

Parlemen Selandia Baru mempunyai total 120 kursi dengan 71 kursi untuk perwakilan, termasuk tujuh perwakilan Maori.

Sedangkan 49 kursi sisanya merupakan kursi yang dialokasikan untuk masing-masing partai sesuai proporsi jumlah suara yang mereka dapatkan dalam pemilu.

Lima belas partai politik dan 554 kandidat perwakilan mengikuti pemilihan umum itu.

(UU.I026/B/I026/B/H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014