counter

Tiga kota jadi tuan rumah Asian Games 2018

Tiga kota jadi tuan rumah Asian Games 2018

Roy Suryo (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) - Jakarta, Palembang dan Bandung, akan menjadi enyelenggara Asian Games 2018.

Keputusan itu ditetapkan melalui penandatanganan nota kesepahaman sebagai penyelenggara ajang olahraga Asian Games 2018, di Incheon, Korea Selatan, tepat sebelum pembukaan Asian Games 2014, kata Menpora Roy Suryo dalam jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu sore.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman atau MoU itu, Indonesia diwakili Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Alhamdulillah sudah ada kepastian Indonesia menjadi host country, karena ada tiga kota yang jadi penyelenggara yaitu Jakarta, Palembang (Sumsel) dan Bandung (Jabar). Perwakilan Jawa Barat sayangnya tidak bisa hadir karena berhalangan," kata Roy.

Ia mengatakan sebagai host country, ada persyaratan bahwa ibu kota negara Indonesia, DKI Jakarta, harus dilibatkan dalam penyelenggaran Asian Games.

Stadion Utama Gelora Bung Karno akan jadi tempat pembukaan, sedangkan penutupan akan digelar di Stadion Jakabaring, Palembang.

Penentuan tiga kota penyelenggara merupakan pertimbangan karena Komite Olimpiade Asia (OCA) tidak memperkenankan Indonesia untuk membangun venue baru, terkecuali bisa selesai paling lambat pada 2016.

Alasannya yakni karena proses penilaian oleh perwakilan OCA atas venue atau area yang akan digunakan dimulai pada 2016 sehingga disarankan tidak membangun venue baru.

"Ini untuk menghindari kejadian di Incheon di mana wali kota sebelumnya sangat mendukung acara Asian Games, tapi wali kota yang saat ini menjabat tidak begitu mendukung acara ini sehingga banyak venue yang terbengkalai. Makanya OCA sudah wanti-wanti agar Indonesia tidak membangun venue baru," ujarnya.

"Oleh karena itu pula GBK akan direnovasi dan dipastikan sudah selesai pada 2016," kata Menpora.

Dia mengatakan DKI Jakarta dipastikan akan membangun satu velodrome untuk arena balap sepeda. Arena itu juga dipastikan akan rampung sebelum 2016.

Sementara Palembang yang berpengalaman menjadi tuan rumah SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013 akan berbenah diri.

"Kalau di Bandung, Stadion Gedebage atau Bandung Lautan Api akan dibangun intersection dengan ujung tol Padalarang-Cileunyi. Itu juga sudah ditinjau, jadi mudah-mudahan lancar," ujarnya.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar