counter

GBK akan direnovasi demi Asian Games 2018

GBK akan direnovasi demi Asian Games 2018

(ANTARA FOTO/Aubrey Kandelila Fanani)

Jakarta (ANTARA News) - Gelora Bung Karno akan direnovasi demi menyambut ajang Asian Games 2018 di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah.

"Tujuan diperbaikinya mengarah ke Asian Games 2018, supaya Asian Games nanti akan lebih baik dari Incheon," kata Raja Parlindungan Pane, usai dilantik sebagai Direktur Pengembangan Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno di Jakarta, Kamis.

Menurut Raja, sesuai dengan arahan Kementerian Sekretariat Negara selaku lembaga yang mengepalai PPKGBK, kawasan olahraga itu akan segera diperbaiki sesuai dengan standar internasional.

Hal itu dilakukan lantaran persiapan dan pengecekan venue akan dilakukan oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA) pada 2016 sebelum Asian Games digelar dua tahun setelah itu.

"Ini komitmen bersama, dan Gelora Bung Karno ini harus diperbaiki strukturnya. Namun, fungsi olahraga dan bisnis harus beriringan karena GBK dikelola tak hanya dari negara," katanya.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Taufik Sukasah mengatakan perbaikan Gelora Bung Karno melalui penggantian pimpinan bidang pengembangan adalah untuk mengembalikan hakikat kawasan itu sebagai kawasan olahraga.

"Selama ini GBK menjadi sarana olahraga, padahal ada banyak yang perlu diperbaiki termasuk venue yang harus memenuhi standar internasional, seperti kolam renang atau basket," katanya.

Taufik menyatakan akan bersinergi dengan pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait alokasi dana untuk persiapan tersebut.

Sebelumnya, Menpora Roy Suryo mengatakan Stadion Utama Gelora Bung Karno akan menjadi lokasi upacara pembukaan Asian Games 2018 karena OCA tak menyarankan  "venue" baru, maka kawasan olahraga itu akan direnovasi.

Upacara penutupannya sendiri akan digelar di Stadion Jakabaring, Palembang, sedangkan Jawa Barat akan menjadi penyelenggara yang mendukung dua kota itu.

"Ini untuk menghindari kejadian di Incheon di mana wali kota sebelumnya sangat mendukung acara Asian Games, tapi wali kota yang saat ini menjabat tidak begitu mendukung acara ini sehingga banyak venue yang terbengkalai. Makanya OCA sudah wanti-wanti agar Indonesia tidak membangun venue baru," ujarnya.

"Oleh karena itu pula GBK akan direnovasi dan dipastikan sudah selesai pada 2016," tambahnya.




Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar