Jakarta (ANTARA News)- Panitia Idul Adha Masjid Istiqlal Jakarta akan menyembelih hewan kurban pada Minggu sore selepas Maghrib untuk dibagikan ke komunitas Muslim di kawasan Jakarta Pusat.

"Penyembelihan dilakukan nanti sore selepas Shalat Maghrib dan setelahnya akan diantar ke komunitas-komunitas Muslim di kawasan Jakarta Pusat," kata Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid, Mubarak di Jakarta, Minggu.

Komunitas Muslim yang dimaksud antara lain masjid, mushala dan panti asuhan yang sudah terdaftar oleh panitia Idul Adha Masjid Istiqlal.

Dia menjelaskan sistem pembagian paket daging kurban untuk Idul Adha tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana pihak panitia kurban Istiqlal biasanya membagikan kupon kepada masyarakat untuk kemudian ditukarkan dengan paket daging.

Hal itu, lanjut Mubarak, menjadi bagian dari program Pelayanan Prima Istiqlal 2014 yang dimaksudkan untuk memberikan perubahan lebih baik dalam melayani umat.

Pembagian paket daging kurban diberikan kepada masjid, musala dan panti asuhan yang berada di Pasar Baru, Gambir, Senen, Johar Baru, Kemayoran, Tanah Abang dan Cempaka Putih.

"Setelah disembelih, petugas kami dari Masjid Istiqlal akan mengantarkan ke sub-rayon yang ada di Jakarta Pusat. Seluruh komunitas yaitu masjid, musala dan panti asuhan tersebut sudah terhimpun datanya di kami dan sudah kami verifikasi," jelasnya.

Dia menyebutkan jumlah hewan yang ada Masjid Istiqlal ada 39 sapi dan enam kambing, termasuk kurban dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono.

Usai Shalat Ied, hewan kurban sudah diserahkan ke pihak Masjid melalui perwakilan Kementerian Agama.

Dia mengatakan 30 sapi di antaranya merupakan sumbangan dari Pesantren Sulaimaniyyah Turki yang sudah diserahkan sejak Jumat (3/10).

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014