Kami sudah upayakan pencarian namun belum ada hasil,"
Trenggalek (ANTARA News) - Badan SAR Nasional yang berkedudukan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa, melakukan operasi pencarian seorang nelayan yang dilaporkan hilang di sekitar Teluk Prigi, sehari sebelumnya.

"Kami sudah upayakan pencarian namun belum ada hasil," kata ketua tim pencarian Basarnas Trenggalek, Byan Gautama.

Tidak sendirian, operasi pencarian juga dibantu belasan kapal nelayan serta jajaran Polair Prigi.

Namun hingga sore dilakukan penyisiran di area teluk, sosok tubuh nelayan hilang yang diidentifikasi bernama Suwarto (40) tersebut tak kunjung diketemukan.

"Kami yakin jasadnya masih di sekitar perairan Teluk Prigi. Di sini arus air lautnya tenang sehingga jika ia tenggelam kemungkinan tidak akan sampai terseret ke tengah laut," ujarnya.

Informasi dari sejumlah nelayan, Suwarto diketahui hilang pada Senin (6/10) sore sekitar pukul 19.00 WIB.

Saat itu nelayan asal Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo itu diketahui berlayar menaiki perahu kecilnya sendirian ke arah keramba udang yang berjarak sekitar satu kilometer dari bibir pantai Prigi.

Namun tak berapa lama, beberapa nelayan yang menjadi saksi mata melihat perahu Suwarto bergerak menjauh dari posisi keramba tanpa ada penumpangnya.

"Beberapa nelayan kemudian berinisiatif mendekat untuk mengetahui apa yang terjadi, dan ternyata Suwarto tidak ditemukan baik di sekitar lokasi keramba maupun perahunya yang bergerak menjauh," tutur Birin, nelayan setempat.

Diduga, Suwarto tenggelam setelah berusaha mengejar perahunya yang terlepas dari posisi tambat di keramba udang miliknya. Namun karena tak terkejar, Suwarto yang kelelahan akhirnya tenggelam ke dasar teluk.

"Kami hanya menemukan pakaian dan beberapa barangnya yang masih tertinggal di atas keramba," imbuh yang lain.(*)


Pewarta: Destyan Handri Sujarwoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014