Pameran ini juga untuk mengingatkan masyarakat serta memperingati 10 tahun bencana Tsunami yang melanda Provinsi Aceh,"
Jakarta (ANTARA News) - Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) memamerkan sejumlah foto untuk memperingati 10 tahun bencana tsunami yang melanda Provinsi Aceh dalam tajuk "Aceh Revives" di Galeri Foto Antara, Pasar Baru, Jakarta.

"Pameran ini juga untuk mengingatkan masyarakat serta memperingati 10 tahun bencana Tsunami yang melanda Provinsi Aceh," kata Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto, yang membuka kegiatan itu di Jakarta, Rabu malam.

Acara tersebut merupakan kerja sama Kedutaan Besar Indonesia untuk Selandia Baru dan Kedutaan Selandia Baru untuk Indonesia.

Ia mengatakan membangun Aceh dalam sepuluh tahun terakhir memang tidak mudah tetapi pembangunan jadi lebih mudah karena bantuan dan kerja sama dari masyarakat internasional dan pemerintah Indonesia.

Ada 16 foto karya Noel Trustrum asal Selandia Baru yang dipamerkan. Foto-foto tersebut merekam peristiwa pasca tsunami Aceh 10 tahun lalu.

Dalam kesempatan itu, Trustrum juga meluncurkan buku berjudul "Aceh Revives: Celebrating 10 Years of Recovery in Aceh" yang mengisahkan keteguhan hati masyarakat Aceh dalam menghadapi bencana dan bangkit untuk melanjutkan hidup.

"Saya berharap kisah dalam buku ini menginspirasi setiap orang dan komunitas masyarakat untuk bahu-membahu mengatasi bencana," kata Trustrum yang turut dalam membangun kesiapsiagaan menghadapi benca pascatsunami Aceh.

Pameran foto yang terbuka untuk umum tersebut berlangsung hingga 10 Oktober 2014. (*)



Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014