Jakarta (ANTARA News) - Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyatakan setiap aksi demonstrasi yang bersifat anarkis harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Kalau memang aksi demonya sudah jelas-jelas anarkis, ya harus ditindak. Hukum harus ditegakkan," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat, terkait aksi demonstrasi massa Front Pembela Islam (FPI).

Ia mengatakan pemerintah tidak seharusnya takut menindak organisasi massa yang melakukan aksi menggunakan cara-cara kekerasan, terlebih jika aksinya sampai menimbulkan korban.

Menurut dia, izin pembentukan organisasi massa mesti diperketat untuk mencegah aksi massa melakukan aksi kekerasan.

"Sebetulnya tidak cukup hanya memperketat izin, tetapi juga harus dilakukan penegakan hukum dengan sangat tegas. Siapa pun yang anarkis, harus ditindak dengan hukum," ujarnya.

Ketika ditanya tentang izin pembentukan FPI yang diduga sudah habis masa berlakunya, mantan Wali Kota Surakarta itu mengaku tidak tahu.

"Tidak tahu. Kalau memang tidak ada izinnya, ya kenapa malah dibiarkan?" tutur Jokowi.

Sekitar 150 anggota FPI berdemonstrasi di depan Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Massa tiba di lokasi pukul 14.15 WIB dan sampai sekarang masih berunjuk rasa. Ratusan polisi dan sejumlah kendaraan taktis terlihat berjaga di depan Gedung DPRD DKI Jakarta.

Pewarta: Rr.Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014