Jakarta (ANTARA News) - Manajamen cabang olahraga renang nasional sementara mempersiapkan sebanyak 18 atlet renang untuk mengikuti SEA Games yang akan dilaksanakan di Singapura pada tahun 2015 mendatang.

"Sebenarnya ada 26 atlet renang yang dipersiapkan, tetapi karena keterbatasan anggaran sehingga berkurang menjadi 18 atlet yang mengikuti latihan untuk mengikuti kejuaraan tersebut," kata pelatnas renang Albert C. Sutanto saat dikonfirmasi dari Jakarta, Jumat sore.

Menurut Sutanto, ada beberapa atlet renang yang masih berusia muda, salah satu di antaranya Resta Karnia Dewi. Dari data indentitas yang dikantongi pihak manajemen, Resta kelahiran tahun 1998.

"Harus ada regenerasi, sehingga tidak menutup kemungkinan bagi kami untuk merekrut atlet berusia muda. Diharapkan, mereka bisa memperebutkan medali emas pada SEA Games 2015," ujarnya.

Meski demikian, kata Sutanto, tidak menutup kemungkinan bagi atlet lama/senior, masih diandalkan."Kita masih andalkan atlet senior," ujarnya.

Dia mengatakan, beberapa atlet senior yang sementara dipersiapkan seperti Glenn Victor Sutanto, Triaji, Indra Gunawan, dan I Gede Siman Sudartawa. "Ini beberapa dari senior yang sementara dipersiapkan," ujarnya.
Bagi dia, atlet senior tetap diandalkan dalam pertandingan akbar. "Atlet senior tersebut tetap menjadi andalan kami, karena merekalah bisa meraih medali emas," ujarnya.

Sebelum menuju kejuaraan dunia itu, tentunya latihan sudah harus lebih dini dilakukan agar para atlet benar-benar siap. "Kita akan membangun fondasi yang kuat, yakni melalui latihan yang digelar," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah melalui latihan sejak Februari lalu, dan pada Oktober ini para atlet sudah di persiapkan khusus karena ada perbedaan antara atlet Asian Games dan SEA Games. "Mereka sudah mengalami proses latihan yang panjang," ujarnya.

Pewarta: Feronike R
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014