Buku ini dibuat bukan untuk mengajarkan, tapi untuk memberikan informasi
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo, meluncurkan buku berjudul "Puasa Subsidi BBM" di sela Malam Penganugerahan Festival Sadar Energi 2014 di Kementerian ESDM, Jakarta, Sabtu petang.

"Buku ini dibuat bukan untuk mengajarkan, tapi untuk memberikan informasi bagaimana tantangan energi masa depan dan renegosiasi kontrak karya. Termasuk soal Newmont, Freeport, dan lainnya yang belum diketahui masyarakat," kata Susilo.

Menurut dia, selama dua tahun menjabat sebagai wakil menteri, ada banyak hal yang ingin ia bagi kepada masyarakat.

Pengetahuan soal apa yang ia ketahui patut dibagikan kepada publik, demi masa depan generasi selanjutnya.

Misalnya, mengenai krisis energi yang tengah melanda Indonesia yang ditandai dengan tingginya impor bahan bakar minyak. Sementara, produksi dalam negeri masih minim dan belum mampu dimaksimalkan.

"Ini lebih untuk informasi saja, termasuk pekerjaan rumah untuk pemerintahan ke depan. Buku ini juga berisi impian saya untuk membanjiri dunia dengan tenaga terampil Indonesia," ujarnya.

Dalam peluncuran bukunya, hadir sejumlah jajaran Kementerian ESDM, Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun serta Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar.

Sejumlah tokoh lain seperti Romo Benny Susetyo, Rikard Bangun, Sukardi Rinakit, Edo Kondologit, Tatiana Soebianto serta Jubing Kriatianto juga turut memeriahkan acara puncak Festival Sadar Energi 2014 itu.

"Buku ini merupakan sumbangsih Pak Sus (panggilan Susilo), dan pengabdiannya ke depan masih akan kita nantikan," ucap Romo Benny.

(A062)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014