Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Denmark yang baru, Casper Klynge, punya cara unik mengkampanyekan bersepeda.

Dia, dengan pakaian jas lengkap, Senin sore bersepeda dari depan Istana Merdeka Jakarta Pusat menuju kantor kedutaan di kawasan Kuningan Jakarta Selatan bersama komunitas Bike to Work (B2W).

Dubes Klynge sebelumnya menyerahkan credential document (surat kepercayaan) sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Denmark untuk Indonesia kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di ruang Credensial Istana Merdeka.

Selain Klynge, ada tujuh duta besar negara sahabat yang menyerahkan surat kepercayaan kepada presiden untuk memulai tugas mereka di Indonesia.

"Tujuan kegiatan ini mengajak masyarakat Jakarta untuk lebih sering bersepeda saat bekerja. Jika mereka mau melakukannya, bayangkan berapa banyak masalah lalu lintas yang dapat dikurangi," kata Dubes Klynge di depan Istana Negara, Senin sore.

Iring-iringan pengguna sepeda berkaus merah itu diawali dari Jalan Medan Merdeka Barat, menuju Jalan Suropati di kawasan Menteng Jakarta Pusat, hingga ke kawasan Kuningan Jakarta Selatan.

Beberapa polisi mengiringi kegiatan ini sesuai dengan protokol.

Klynge mengatakan sehari-hari bersepeda namun tidak diiringi polisi karena jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.

"Kali ini polisi memastikan keamanan kami, tapi biasanya saat pergi ke kantor, saya tidak memerlukannya karena jarak tempuhnya pendek," tuturnya.

Dia mengaku tidak khawatir ketika bersepeda karena menurut dia pengendara kendaraan bermotor di  Jakarta sangat berhati-hati dan tidak agresif.

Dubes Klynge mengaku telah memiliki rencana untuk bersepeda bersama  dengan komunitas B2W rutin sebulan sekali pada Jumat dan mengajak tokoh penting seperti menteri atau gubernur agar bersepeda menuju kantor semakin menjamur.

Ia mengatakan targetnya setiap bulan adalah bertambah sepuluh orang pesepeda ke kantor di seluruh Jakarta.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014