Jakarta (ANTARA News) - Sembilan pemimpin negara sahabat sudah mengonfirmasi akan menghadiri pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2014, kata Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Edi Siregar.

Saat mengunjungi kediaman Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu, dia mengatakan kepala negara yang akan hadir antara lain Sultan Brunei Darusalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, dan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak.

Menurut dia, Presiden Iran Hassan Rouhani, Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Perdana Menteri Haiti, Gubernur Jenderal Papua Nugini, dan Wakil Perdana Menteri Thailand juga akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

"Lalu ada utusan negara sahabat yang akan hadir dalam pelantikan," ujarnya.

Edi mengatakan utusan negara sahabat yang sudah mengonfirmasi akan hadir antara lain Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Menteri Luar Negeri Selandia Baru Murray McCully, dan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague.

Menteri Luar Negeri Federasi Rusia, Utusan Khusus Republik Rakyat Tiongkok, Menteri Luar Negeri Belanda, Utusan Khusus Vietnam, dan mantan Perdana Menteri Jepang juga akan hadir.

Edi mengatakan anggaran pelaksanaan pelantikan ada di Komisi Pemilihan Umum dan MPR hanya menyediakan konsumsi untuk para tamu undangan.

"Kami belum tahu rincian biaya pelantikan, nanti akan kami sampaikan," ujarnya.


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014