Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya akan menutup Jalan Sudirman hingga Istana Presiden guna mengawal konvoi Presiden-Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sejak awal hingga selesai pelantikan di Gedung DPR/MPR RI Senin (20/10) mulai pukul 06.00 WIB.

"Petugas akan mengawal iringan rombongan presiden-wakil presiden terpilih," kata Kepala Bagian Operasi Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto di Jakarta Rabu.

Polisi Lalulintas Polda Metro Jaya akan menutup jalur protokol mulai dari Semanggi-Jalan Sudirman-Dukuh Atas-Bundaran HI-Jalan Merdeka Barat dan Jalan Merdeka Utara Jakarta Pusat hingga depan Istana Merdeka.

Budiyanto memperkirakan iringan rombongan kendaraan Jokowi-JK akan memadati jalur ini karena ada pawai rakyat yang akan dikawal polisi.

Budiyanto belum dapat menyebutkan jumlah polisi lalulintas yang akan menjaga dan mengawal rangkaian kegiatan pelantikan presiden periode 2014-2019 tersebut.

Budiyanto mengimbau pengguna kendaraan umum melintasi jalur alternatif dan menghindari ruas jalan yang dilalui konvoi kendaraan presiden guna mengurangi kepadatan lalulintas.

Polda Metro Jaya menyiapkan personil pengamanan antara 5.000-10.000 petugas, sedangkan dalam situasi kontigensi menyiagakan 23.415 petugas.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014