New York (ANTARA News) - Lima tahun setelah kematiannya, penyanyi Michael Jackson menghasilkan banyak uang dan menjadi selebriti meninggal dunia dengan pendapatan tertinggi dengan perkiraan pendapatan 140 juta dolar AS dari estate dia, kata Forbes pada Rabu (15/10).

Jackson mendapatkan lebih dari dua kali lipat lebih banyak penyanyi Elvis Presley, yang meninggal dunia tahun 1977, dan berada di urutan kedua dengan kekayaan 55 juta dolar AS.

Kekayaan Jackson tiga kali lebih banyak dari kartunis dan pencipta komik strip Peanuts, Charles Schulz, yang berada di tempat ketiga dengan 40 juta dolar AS.

"Beberapa selebriti membuktikan bahwa ada kehidupan (keuangan) setelah kematian," kata Forbes seperti dilansir kantor berita Reuters.

Ini adalah tahun kedua Jackson berada di posisi atas daftar tersebut. Ia mendapatkan gelar itu tahun 2013, setahun setelah didorong ke posisi kedua oleh aktris Elizabeth Taylor.

Album kedua Jackson yang dirilis setelah kematiannya "Xscape" berada di urutan kedua di tangga lagu pop tahun lalu dan penyanyi itu juga muncul sebagai hologram di Billboard Music Awards.

Selain itu, dua Cirque du Soleil show, "Immortal" dan "One," menambah isi pundi-pundi Jackson bersama dengan katalog musik dan kerajaan penerbitannya.

Taylor, yang meninggal dunia tahun 2011, berada di posisi keempat dengan pendapatan 25 juta dolar AS.

Sementara penyanyi reggae Bob Marley di urutan kelima dengan pendapatan 20 juta dolar AS hingga Oktober 2014. Marley meninggal dunia karena kanker pada usia 36 tahun 1981.

Penyanyi John Lennon, mantan Beatles yang ditembak mati di New York tahun 1980, berada di posisi ketujuh dengan pendapatan 12 juta dolar AS.

Forbes menyusun daftar kekayaan 13 selebriti meninggal dunia dengan total pendapatan 363,5 juta dolar AS itu dengan berbicara kepada manajer estate, agen, penerbit musik, pengacara, pemberi lisensi dan pihak lain yang mengetahui estimasi kekayaan mereka Oktober 2013 hingga Oktober 2014.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014