Jakarta (ANTARA News) - Menjelang pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo dan kirab budaya yang akan mengantar sang presiden baru ke Istana Negara, para polisi sudah berjaga-jaga di kawasan Monas yang memang berhadapan dengan Istana, jauh sebelum perhelatan politik akbar itu digelar Senin 20 Oktober mendatang.

Senjata dan wahana pengamanan sipil tidak jauh-jauh dari tubuh pada polisi ini, tetapi ada juga satu hal yang juga menarik dan tidak jauh dari mereka.

Itu adalah dapur lapangan yang menyediakan mereka bekal agar tubuh selalu siap dan bugar selama bertugas.

"Dapur lapangan ini cuma untuk makanan tambahan saja, seperti kacang, teh manis, ada juga makanan kaleng," kata Wakil Kepala Polsek Gambir 2 Kompol Kasmono kepada Antara News, Sabtu.

Makanan kaleng ini biasanya dikonsumsi para polisi saat mereka bertugas di tengah hutan dan berasal dari logistik Polri yang dikirim bersama dengan KitPlus (semacam biskuit), susu padat, dan juga parafin serta korek api untuk menyalakah parafin yang akan menghangatkan makanan kaleng sebelum dikonsumsi.

"Makanan kaleng ini harus dipanasi dulu, di dalamnya ada nasi, sayur, daging," kata Sunarno dari bagian Manase.

Sunarno menunjukkan tumpukan makanan kaleng yang di sampingnya ditulisi kalimat "Nasi Ikan Saus Tomat" dan "Nasi Gudeg".

Selain makanan kaleng, dapur lapangan ini menyediakan juga jagung, kacang dan ubi rebus.

"Makanan inti dari Polda datang jam 9 pagi, jam 12 siang dan jam 3 sore, jadi untuk pagi kami dorong rebus-rebusan, malamnya didorong makanan kaleng ini,"  kata dia mengistilahkan "dorong" untuk bagaimana perut mereka diisi makanan agar badan fit saat bertugas.





Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014