Ekonomi kreatif dapat menciptakan nilai tambah dengan basis pengetahuan
Pariaman, Sumatera Barat (ANTARA News) - Ekonomi kreatif merupakan sektor strategis dalam pembangunan serta berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian.

"Ekonomi kreatif dapat menciptakan nilai tambah dengan basis pengetahuan,"kata Asisten II Administrasi dan Pembangunan Kota Pariaman, Sukardi, di Pariaman, Selasa.

Ia menjelaskan, kalau berbicara tentang daya saing daerah, maka pengembangan ekonomi kreatif menjadi aspek paling penting yang harus diperhatikan. (Baca juga: Pengembangan ekonomi kreatif penting bagi kawasan)

"Bukan sekedar mengikuti trand global, di mana industri kreatif sebagai jantung ekonomi kreatif telah berkembang dengan baik, akan tetapi juga karena industri kreatif ini mampu menciptakan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Mengingat Asean Economic Community (AEC) 2015 sudah di depan mata, persaingannya bukan hanya pada produk-produk yang bebas keluar masuk antar negara Asean, tetapi juga kompetisi pada ide dan gagasan kreatif dari SDM negara-negara Asean. (Baca juga: Menparekraf: kualitas SDM kunci sukses AEC 2015)

"Kalau tidak pintar-pintar mempersiapkan diri dengan baik, maka AEC akan menjadi mimpi buruk bagi kita, karena produk -produk kreatif kita akan kalah dengan produk- produk negara Asean lain," ujar Sukardi.


Pewarta: Derizon Yazid
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014