counter

Legislator harapkan presiden perhatikan petani

Legislator harapkan presiden perhatikan petani

KH Kholilurrahman (FOTO.ANTARA)

Pamekasan (ANTARA News) - Anggota DPR RI asal Madura, Jawa Timur, KH Kholilurrahman, mengharapkan Presiden RI Joko Widodo nantinya akan memberikan perhatian serius di sektor pertanian dan nelayan dengan memperhatikan kepentingan mereka.

"Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Presiden RI yang baru saja dilantik ini untuk wilayah Madura," kata Kholilurrahman kepada Antara awal pekan ini.

Dia mengharapkan Jokowi memperhatikan  pemberdayaan petani, khususnya tembakau, serta pemberdayaan masyarakat nelayan.

Dua hal penting yang perlu diperhatikan, yakni, pertama, memberikan bantuan peralatan.

"Kedua, presiden melalui kementerian terkait perlu memberikan bantuan bibit unggul pertanian sehingga hasil pertanian bisa melimpah dengan biaya yang bisa ditekan semaksimal mungkin," kata Kholilurrahman.

Hal yang ini lebih lanjut menjelaskan, hal lain yang juga perlu diperhatikan presiden Joko Widodo ialah pentingnya perlindungan pemerintah terhadap petani/petambak garam dengan menyetop impor garam dan impor beras.

Poin keempat yang juga menjadi harapan dia adalah agar presiden mendorong masyarakat untuk memproses hasil perkebunan mereka sehingga mempunyai nilai jual tinggi.

Langkah ini, katanya, bisa dilakukan pemerintahan Jokowi-JK seperti memberikan bantuan mesin pengolah tepung tapioka bagi petani singkong.

Juga perlu adanya perlindungan pemerintah bagi buruh tani/garam dengan membuat regulasi yang berpihak kepada mereka.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Program kartu-kartu Jokowi masuk RUU APBN 2020

Komentar