Jakarta (ANTARA News) - Kompetisi nasional Basket Pelajar Indonesia bertajuk "Loop three by three Competition National Championship" akan digelar di Gandaria City Mall, Jakarta, pada 23-26 Oktober 2014 dengan melibatkan ribuan pelajar dari seluruh Indonesia.

"Sekitar 2.600 tim dengan melibatkan sekitar 11.000 peserta dari 41 kota akan bersaing dalam kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia," kata Event Senior Manager PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia Donny Rahardian saat di Jakarta, Rabu.

Donny mengatakan sebanyak 32 tim putra dan 32 tim putri akan bertanding secara ketat untuk memperebutkan gelar juara yang juga berhak atas hadiah perjalanan ke Amerika Serikat.

"Pemenangnya baik dari tim putra dan putri bakal menyandang status sebagai juara nasional three by three dan hadiah khusus jalan-jalan ke Amerika Serikat," katanya.

Dia mengatakan peserta "Loop three by three Competition merupakan peserta yang tidak terlibat di Honda DBL 2014.

"Mereka umumnya dari sekolah yang tidak memiliki pemain basket yang banyak untuk ikut Honda DBL 2014 dengan begitu kami coba memfasilitasi dengan kompetesi ini," kata Donny Rahardian.

Dia mengatakan kompetisi nasional ini akan sangat menarik karena tim yang akan mengikuti adalah juara dari kota-kota penyelenggara Loop three by three Competition.

"Kami ingin membuktikan bahwa tidak terpilih di tim basket utama sekolah bukan berarti akhir dari segalanya, masih bisa ikut kompetisi Loop three by three dan pergi ke Amerika," katanya.

Dia menjelaskan format permainan Basket "three by three" berbeda dengan format permainan basket biasanya yang menggunakan lapangan berukuran 28 x 15 meter sedangkan kompetisi ini hanya setengah lapangan Basket.

"Kompetisi Basket Loop three by three ini hanya menggunakan setengah lapangan, tiga orang bermain di lapangan dan satu cadangan serta waktu pertandingan berlangsung singkat hanya 10 menit," katanya.

Hal senada diungkapkan oleh GM Community Planning and Solution Telkomsel Reyhan mengatakan akan merangkul anak-anak muda untuk mengembangkan potensi di bidang olah raga dan keleluasaan dalam berekspresi.

"Kami antusias untuk kompetisi Basket pelajar karena peluang anak muda sangat besar di bidang olah raga khususnya Basket pelajar," katanya.

Pewarta: M Agung Rajasa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014