counter

Kalbar akan bangun embarkasi haji

Kalbar akan bangun embarkasi haji

Ilustrasi. Sejumlah calon jamaah haji kloter pertama asal Medan memasuki asrama untuk menjalani proses karantina di Asrama Haji Embarkasi Medan, Sumut, Minggu (31/8).(ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Batam (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berencana membangun embarkasi haji bertaraf internasional untuk melayani dan memudahkan keberangkatan jamaah haji dari provinsi itu.

"Seiring dengan selesainya pembangunan Bandara Supadio Pontianak tahun 2017, tolong doakan Pemprov Kalbar yang berkeinginan untuk membangun embarkasi haji yang bertaraf internasional sehingga nanti jika masyarakat Kalimantan Barat ingin pergi haji langsung dari Pontianak ke Jeddah," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar Muhammad Zeet Hamdy Assovie saat menyambut kedatangan jamaah haji Kloter 14 di debarkasi Batam Kepulauan Riau, Kamis.

Pemerintah berharap embarkasi-debarkasi haji Pontianak dapat terwujud 2017, bersamaan dengan pengoperasian bandara yang baru dibangun.

Menurut dia, adanya Embarkasi-Debarkasi Haji langsung di Kalbar, maka akan membuat biaya haji jamaah Kalbar turun.

"Jika rencana tersebut dapat diwujudkan pada tahun 2017 maka seluruh komponen pembiayaan haji jauh lebih murah. Hal lain yang dapat kita lakukan adalah menambah subsidi dari saat ini," kata dia.

Dalam sambutannya, ia mengatakan ibadah haji adalah bentuk ibadah yang paling paripurna, karena merupakan rukun Islam yang kelima.

Sementara itu, Ketua Kloter 14 Debarkasi Batam Uyung Yulizar Mansyur mengatakan pelaksanaan ibadah haji Kloter 14 secara umum berjalan baik, aman dan lancar serta semua rukun dan wajib haji dapat terlaksana secara sempurna.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Empat orang haji tidak ikut di kloter terakhir

Komentar