Yasonna Laoly jabat Menteri Hukum dan HAM

Yasonna Laoly jabat Menteri  Hukum dan HAM

Menkumham Yasona Laoly diperkenalkan saat pengumuman Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10). Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla terdiri dari 34 menteri. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menunjuk Yasonna H Laoly sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Kabinet Kerja 2014-2019 setelah 34 nama menteri diumumkan di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu.

Yasonna H Laoly menggantikan Menteri Amir Syamsuddin pada Kabinet Indonesia Bersatu II era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 2009-2014.

Penunjukkan Yasonna H Laoly sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia sudah diduga sebelumnya karena namanya santer disebut-sebut duduk dalam jabatan itu.

Sebelumnya, Yasonna Hamonangan Laoly menjabat anggota DPR RI pada periode 2009-2014 dari daerah pemilihan Sumatera Utara 2, setelah sebelumnya juga memenangkan kursi DPR RI periode 2004-2009 lewat partai yang sama.

Pada periode keduanya di DPR, pria kelahiran Tapanuli Tengah, 27 Mei 1953 tersebut bertugas di Komisi II yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri, Aparatur Negara, Otonomi Daerah dan Agraria.

Selain itu, Wakil Sekretaris Fraksi PDIP ini juga menjabat anggota Badan Anggaran.

Suami dari Elisye Widya tersebut meraih gelar doktor (PhD) pada North Carolina State University Raleight, Amerika, pada 1994.

Sejumlah penghargaan pernah diraihnya, seperti Outstanding Graduate Student Award Virgina Commw. University pada 1986, Alpha Kappa Delta International Sosiology Honor Society pada 1987 dan Sigma Iota International Honor Society pada 1993.




Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar