Menteri Pertanian dijabat Amran Sulaiman

Menteri Pertanian dijabat Amran Sulaiman

Menteri Pertanian Amran Sulaiman diperkenalkan saat pengumuman Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10). Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla terdiri dari 34 menteri. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) - CEO PT Tiran Group Andi Amran Sulaiman ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja yang diumumkan di Istana Negara, Jakarta, Minggu.

Presiden Joko Widodo yang didampingi Wapres Jusuf Kalla serta Ibu Negara Iriana Jokowidodo dan Mufidah Jusuf Kalla mengumumkan ke-34 anggota kabinet sekitar pukul 17.00 WIB.

Terkait sosok Amran Sulaiman yang diangkat sebagai Menteri Pertanian, Presiden menyatakan, dia adalah praktisi, pemikir dan wirausahwan muda di pertanian.

"(Amran Sulaiman) sosok petani muda yang berhasil mambangun model wirausaha di sektor pertanian di tengah defisit pertanian yang makin kuat," kata Presiden.

Amran Sulaiman merupakan alumni S1, S2, S3 Pertanian Universitas Hasanuddin, sedangkan karirnya diawali sebagai pegawai PTPN XIV, dosen Universitas Hasanuddin, Direktur dan Founder Tiran Group.

Dia adalah Koordinator Tim Sahabat Rakyat untuk Indonesia Timur.

Sebagai akademisi, Amran tercatat sebagai dosen Fakultas Pertanian Unhas. Ia juga sekaligus peneliti dan pemegang lima hak paten. Amran juga memiliki pengalaman sebagai birokrat selama 15 tahun di PTPN XIV sebelum akhirnya memilih mengundurkan diri.

Pada 2007, ia juga menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.




Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar