Setiap jaman melahirkan pemain hebat, dan ada harapan bahwa Aguero mampu meraih predikat itu.
Manchester (ANTARA News) - Menempati posisi sebagai penyerang di kubu Manchester City, Sergio "Kun" Aguero mengemban predikat sebagai dewa gol dalam 10 laga derbi Manchester yang memendam selaksa dendam dan menyimpan segunung rivalitas.

Aguero yang berpaspor Argentina membawa The Citizens mengalahkah Manchester United (MU) dengan skor 1-0 dalam laga pekan kesepuluh Liga Inggris (Premier League) musim kompetisi 2014/15 yang digelar pada Minggu (2/11).

Aguero, memiliki tinggi badan 1,70 meter, berat badan 69 kilogram. Pemain ini lahir pada 2 Juni 1988 di Argentina.

Sampai pekan kesepuluh Liga Inggris ini, Aguero telah menjalani 10 laga dengan mengemas 10 gol, dan melepas 48 tembakan ke gawang lawan.

Ia banyak disebut-sebut sebagai striker termahal di dunia. Ia bahkan mulai dibanding-bandingkan dengan ayah mertuannya yakni legendak sepak bola Argentina, Diego Maradona.

Aguero punya kemampuan mumpuni dalam mendribel bola, dan oke ketika melakukan "finishing" di depan gawang lawan, sebagaimana dikutip dari situas ESPN.

Pelatih timnas Argentina Alejandro Sabella langsung menjatuhkan pilihan kepada Aguero menghadapi ajang Piala Dunia 2010 dan Copa America 2011.

Sempat terusik oleh cedera hamstring ketika menghadapi musim kompetisi 2013/14, Aguero kemudian tertantang terus tampil menawan membela City. Di bawah arahan pelatih Manuel Pellegrini, penampilan Aguero terus menunjukkan grafik peningkatan.

Aguero bersama dengan Lionel Messi dan Gonzalo Higuain menjadi andalan di lini depan timnas Argentina.

Analisis:

* Kekuatan
: Aguero punya penguasaan bola dan punya keberanian berduel melawan barisan pertahanan lawan. Ia mampu mengkonversi setiap peluang menjadi gol, meski situasi sulit apa pun.      

* Kelemahan
: Pemain ini tidak jarang kehilangan fokus bermain dan kerapkali tampil egoistis ketika sedang menguasai bola. Kerapkali mengalami cedera.  

* Karier puncak
: Memenangi gelar Premier League musim 2012 bersama Manchester City.

* Karier redup:
Aguero masih belum bersinar benar ketika membela timnas Argentina.

* Gaya bermain:
punya kekuatan fisik dan tangguh ketika maju merangsek lini pertahanan lawan. Punya kemampuan menyundul bola yang hebat.

* Kutipan menawan:
"Setiap jaman melahirkan pemain hebat, dan ada harapan bahwa Aguero mampu meraih predikat itu. Ketika ia menguasai bola, kakinya selalu berada di posisinya yang tepat untuk sesegera melepaskan tembakan," kata Presiden Atletico Enrique Cerezo ketika membandingkan antara Aguero dan Maradona pada Oktober 2008.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014