counter

Militan Mesir bersumpah setia pada ISIS

Militan Mesir bersumpah setia pada ISIS

Bendera ISIS (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Kairo (ANTARA News) - Ansar Bayt al-Maqdis, kelompok militan paling aktif di Mesir, telah menyampaikan kesetiannya kepada Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), kata Ansar seperti dikutip Reuters.

Ansar sebelumnya sudah mengatakan kepada Reuters bahwa mereka berusaha mendapatkan inspirasi dan nasihat dari ISIS.

"Setelah berserah pada Tuhan kami memutuskan untuk sumpah setia kepada amir Abu Bakr al-Baghdadi, khalifah muslim di Suriah dan Irak serta negara-negara lainnya," kata Ansar.

Pasukan keamanan Mesir menghadapi perlawanan kaum militan yang telah membunuh ratusan tentara dan polisi sejak tentara menggulingkan Presiden Mohamed Mursi dari Ikhwanul Muslimin tahun lalu setelah didahului gelombang protes melawan kekuasaannya.

Pekan lalu pemerintah Mesir mengumumkan keadaan darurat selama tiga bulan di sejumlah bagian di Sinai Utara menyusul serangan yang menewaskan paling sedikit 33 personil keamanan dalam kekerasan paling buruk sejak Mursi digulingkan.

Tak ada satu pun kelompok yang bertanggung jawab terhadap serangan itu, namun operasi-operasi serupa sebelum itu selalu diklaim dilakukan oleh Ansar, demikian Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Polri sebut pelaku penusukan Wiranto diduga ISIS

Komentar