...dengan total produksi tahun 2013 berjumlah lebih dari tujuh juta unit, akan memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan ekspor produk industri manufaktur
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengapresiasi PT. Indonesia Epson Industry yang banyak menggunakan kandungan lokal, sehingga memberikan ruang bagi tumbuhnya industri penunjang.

"Adapun produk printer yang seluruhnya dieskpor, dengan total produksi tahun 2013 berjumlah lebih dari tujuh juta unit, akan memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan ekspor produk industri manufaktur," kata Menperin saat kunjungan ke pabrik Epson melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dengan situasi tersebut, Menperin berharap, industri elektronika di dalam negeri terus berkembang dan berperan penting, hingga menjadi bagian dari Supply Chain produk elektronika dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Menperin mengatakan, di dalam pemerintahan baru  Presiden Joko Widodo, ia diberi amanah untuk menjalankan tujuh program utama yang selaras dengan peta jalan pemerintahan sebelumnya.

Tujuh point program Kemenperin tersebut adalah desain ulang peta jalan industrialisasi sejalan dengan Trisakti dan Nawa Cita, penghiliran hasil tambang ke produk jasa dan industri, dan penghiliran produk pertanian menjadi produk agro industri.

Program Kemenperin utama lainnya adalah pameran dan pemberian penghargaan terhadap inovasi produk industri, kampanye sistematis dan kreatif untuk menumbuhkan apresiasi terhadap kegiatan industri melalui peningkatan penggunaan produksi dalam negeri (P3DN) serta penguatan struktur industri melalui keterkaitan antara industri hulu dan hilir.

"Pada desain ulang peta jalan industrialisasi, lebih kepada menyelaraskan roadmap yang ada dengan visi misi Jokowi JK dalam Nawa Cita dan Trisakti. Peta jalan yang ada saat ini ialah Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional, dan Rancangan Teknokratik Rencana Strategis Kemenperin," ujar Menperin.

Menurut Menperin, sejalan dengan program utama, khususnya pada desain ulang peta jalan industrialisasi, industri elektronika printer masuk ke dalam salah satu industri prioritas yaitu kelompok industri dengan pertumbuhan tinggi.

"Oleh karena itu, industri elektronika termasuk industri yang terus didorong perkembangannya dengan memberikan berbagai kemudahan dan insentif yang berupa pengurangan pajak maupun bea masuk yang ditanggung Pemerintah," ujarnya.

Untuk mencapai target yang ditentukan tersebut, lanjut Menperin, pemerintah akan berupaya sekuat tenaga untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif yang mendukung berkembangnya industri elektronika.

Misalnya, tambah Menperin, pengembangan kebijakan tarif dan perpajakan, serta pengamanan pasar domestik melalui pengembangan dan pelaksanaan standardisasi bagi produk-produk elektronika, baik standar yang terkait dengan keselamatan, unjuk kerja maupun standar penandaan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014