Burton-On-Trent (ANTARA News) - Pelatih Liverpool Brendan Rodgers semestinya menjelaskan kepada para penggemar mengapa ia menurunkan tim lapis kedua saat melawan Real Madrid di Liga Champions, kata presiden UEFA Michel Platini, Rabu.

Para penggemar memperlihatkan kegeramannya di media sosial setelah Rodgers membangkucadangkan sejumlah pemain bintang seperti Steven Gerrard dan Mario Balotelli pada pertandingan Grup B pada Selasa lalu melawan sang juara bertahan di Santiago Bernabeu, menjelang pertandingan penting di Liga Utama Inggris melawan Chelsea, lapor AFP.

Namun tim lapis kedua Liverpool mampu memperlihatkan kegigihannya, dengan hanya kalah 0-1 akibat gol Benzema, dan Platini yakin bahwa orang-orang yang perlu dijawab pertanyaannya oleh Rodgers adalah para penggemar klub.

"Anda memastikan bahwa itu bukan tim terbaik? Bagaimana saya dapat mengatakannya?" tanya Platini setelah melakukan tur di pusat latihan tim Inggris St George Park di Inggris tengah.

"Jika saya merupakan pelatih Liverpool, saya berkata, Inilah tim terbaik saya. Bagaimana Anda dapat membuktikan bahwa itu bukan tim terbaik Anda? Saya tidak dapat mengintervensi dengan hal itu."

"Sekarang tim terbaik adalah apa yang diletakkan seorang pelatih. Pertama-tama, ia harus menjelaskan kepada penggemarnya mengapa ia menurunkan tim ini - bukan kepada saya, bukan kepada Anda."

Statuta Liga Champions menyebutkan bahwa klub-klub harus selalu memainkan tim terkuat mereka, namun dapat dipahami bahwa Liverpool tidak akan mendapat tindakan apapun dari badan sepak bola Eropa UEFA.

Platini juga mengatakan ia memahami keputusan badan sepak bola FIFA untuk mencoret mantan penyerang kontroversial Liverpool Luis Suarez, dari daftar kandidat peraih penghargaan Ballon dOr 2014.

Penyerang Uruguay itu mencetak 31 gol di Liga Utama Inggris untuk Liverpool musim lalu sebelum bergabung dengan Barcelona, namun ia mendapat skors empat bulan setelah menggigit bek Italia Giorgio Chiellini pada Piala Dunia di Brazil.

"Jika Ballon dOr merupakan kualitas seorang pemain, maka secara alami ia layak berada dalam daftar," kata Platini, yang memenangi tiga Ballon dOr saat masih memperkuat Juventus pada 1980-an.

"Namun jika Anda mempertimbangkan sikap sang pemain, itu menciptakan sedikit masalah. Ini adalah orang yang diskors selama empat bulan oleh FIFA."

"Jika Ballon dOr merupakan pertanyaan mengenai perilaku, maka saya setuju bahwa ia semestinya tidak masuk daftar."

Pemenang Ballon dOr tahun ini akan diumumkan pada seremoni di Zurich pada Januari. (RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014