Cara super pintar hilangkan bau dan rasa sisa makanan pada wadah plastik

Jakarta (ANTARA News) - Mudah disimpan, ekonomis, dan tersedia dalam segala ukuran dan bentuk, wadah penyimpanan plastik yang dapat digunakan kembali merupakan bagian tak terpisahkan dari setiap dapur modern.

Wadah penyimpan dari gelas yang baru-baru ini populer juga merupakan pilihan bagus (dan lebih ramah lingkungan), namun mereka tidak se-menyebar dan semurah wadah penyimpan dari plastik.

Apakah Anda menggunakan Tupperware atau sejenisnya, bahan kokoh dan ringan ini ideal untuk menyimpan makanan di lemari es dan untuk bekal makan siang, tetapi mereka juga bisa menjadi memusingkan untuk disimpan dan dibersihkan.

Jadi kami sudah menyelidiki cara terbaik untuk menjaga wadah plastik Anda agar terap bersih, bebas bau, dan siap untuk segalanya mulai dari Peanut Butter dan Jelly atau PB&J, salad biji-bijian dan sup dingin.

Berikut pilihan terbaik untuk membersihkan dan menyimpan wadah makanan plastik Anda: 

1. Lakukan pembilasan awal (dan cuci jika memungkinkan!) saat wadah kosong. Langkah pertama untuk menghilangkan bau makanan dari wadah plastik adalah dengan mencuci mereka pada saat-saat awal. 

Sapuan menyeluruh dengan air panas dan sabun piring adalah yang terbaik, tapi membilas dengan air sebelum mencuci juga sangat membantu.

2. Simpan wadah dengan sedikit taburan garam.

Meskipun kari Thailand dan makanan beraroma tajam lainnya membuat meja makan siang lebih menyenangkan, tapi mereka sering meninggalkan bekas bau yang sulit hilang pada wadah plastik Anda, meskipun setelah dicuci. 

Menambahkan banyak taburan garam pada wadah akan mengusir bau sehingga sandwich kalkun Anda tak akan terasa seperti cabai hijau dan santan. 

Pastikan mengelap bagian dasar dan dalam wadah sebelum menggunakannya, atau Anda akan mengunyah garam! 

3. Paparkan wadah pada sinar matahari langsung. Iya, sinar matahari meningkatkan segalanya. Meletakkan wadah di tempat terbuka yang banyak sinar matahari akan membantu mengeringkannya dan memanfaatkan kemampuan alamiah sinar matahari menangkal bau.

4. Bilas dengan cuka.

Setelah mencuci wadah dengan air panas dan sabun piring, isi wadah dengan cuka putih dan diamkan setidaknya tiga menit untuk menghilangkan bau menjijikan yang susah hilang. Kemudian keluarkan cuka dan cuci kembali dengan sabun dan air.

Simpan semalam (atau lebih) dengan kertas koran. Jangan tabya bagaimana atau kenapa, namun aroma bandel pada wadah plastik biasanya akan hilang oleh kertas koran. 

Letakkan kertas koran yang telah diremas di dalam wadah, tutup atasnya dan simpan semalaman atau lebih. Ingat untuk mencuci dengan air dan sabun setelahnya karena koran tak selalu dikenal sebagai bahan yang super bersih.

5. Cuci di rak paling atas alat pencci piring.

Juka diletakkan di tempat paking bawah, wadah plastik kemungkinan akan terkena kontak dengan daerah mesin cuci yang super panas, menyebabkan wadah meleleh dan menggulung. Letakkan di atas guna menghindari perubahan bentuk selama mencuci.

6. Hilangkan noda dan bau dengan soda kue.

Soda kue sebagai perangkat pembersih adalah bukan hal baru dan bekerja ampuh sebagai penghilang noda dan bau pada wadah plastik juga.

Cukup buat adonan pasta tebal dari air hangat dan soda kue, lalu lumuri bagian dalam wadah. Diamkan setidaknya satu hari lalu cuci bersih. Lanjutkan hingga tak ada lagi noda dan wadah tercium segar.

7. Rapihkan! Jangan biarkan setiap botol atau wadah makanan menumpuk, dan selalu satukan wadah dengan tutupnya. Meskipun menggunakan kembali wadah sup pangsit atau toples selai sangatlah menggoda, hal ini akan menyebabkan kekacauan ekstra di antara koleksi wadah penyimpan makanan Anda.

Tak ada yang lebih menyebalkan dari kehilangan penutup wadah dalam jajaran koleksi wadah yang tersusun rapih. Simpan semua tutup dalam keranjang besar, dan tumpuk wadah di dekatnya dengan satu tutup di atas tumpukan guna mencegah debu.

Penerjemah: ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Jatim gerakkan UKM sediakan besek wadah kurban

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar