Jakarta  (ANTARA News) - Amazon.com Inc telah meluncurkan "Amazon Echo", yaitu speaker yang bisa Anda gunakan sepanjang hari dan memberi arah suara, seperti Siri pada iPhone.

Selain menerima perintah-perintah seperti "mainkan musik Bruno Mars" atau "tambahkan gelato pada daftar belanja saya", perangkat ini mengakses internet untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam "kapan Hari Thanksgiving?" dan "bagaimana ramalan cuaca hari ini?".

Amazon menyebut speaker yang beroperasi pada Amazon Web Services ini terus mempelajari pola dan preferensi berbicara pengguna.

Para pengguna memulai speaker ini dengan mengatakan kata pembangun, "Alexa".

Para pengguna kemudian bisa memuatkan perintah-perintah atau pertanyaan-pertanyaan Amazon Echo, atau jika pengguna menginginkan, men-stream secara nirkabel layanan musim online seperti Spotify, iTunes dan Pandora melalui mobile mereka.

Amazon Echo dibanderol pada 199 atau 99 dolar AS bagi anggota loyal Amazon Prime. Perangkat ini tersedia hanya lewat undangan yang akan muncul beberapa pekan ke depan. (http://amzn.to/1x7ijFO).

Amazon tak biasanya sibuk tahun ini dengan diantaranya mengembangkan ponsel, produksi video dan pengiriman barang kelontongan.

Bulan lalu, perusahaan ini menaksir penjualan pada triwulan penting yang mengecewakan Wall Street dan para investor yang ingin Amazon mengurangi ambisi-ambisinya dengan mulai mencetak laba secara berkelanjutan, demikian Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014